10 Fakta mengejutkan seputar China yang bikin geleng-geleng kepala

10 Fakta mengejutkan seputar China yang bikin geleng-geleng kepala

Serbaberita.com – Sebagai salah satu negara dengan penduduk terbesar dan kebudayaan tertua, China memiliki berbagai tradisi unik. Negara ini juga terkenal sebagai raksasa ekonomi dari Asia, menjadikannya sebagai salah satu negara kapitalis. Di sisi lain, China masih memegang teguh falsafah sosialis dalam menjalankan negara. Inilah yang menjadikan China sebagai sebuah negara dengan jutaan paradoks.

Tetapi tak sampai di situ saja keanehan yang dapat kita temukan dari China. Tahukah kamu, China merupakan penyumbang polusi udara terbesar di San Fransisco, Amerika Serikat? Apakah kamu sudah pernah mendengar tentang puluhan juta warga China yang masih tinggal di dalam gua, sementara negara tersebut dianggap sebagai salah satu produsen perangkat teknologi terbesar di dunia?

Berikut ini kami paparkan fakta-fakta mengejutkan seputar China yang mungkin masih belum kamu ketahui.

10 Fakta mengejutkan seputar China yang bikin geleng-geleng kepala

1. Sekitar 35 juta warga China masih tinggal di dalam gua

Serbaberita.com – Menurut laporan LA Times pada tahun 2012, sekitar 35 juta penduduk China masih bermukim di dalam yaodong (pemukiman di dalam gua). Kebanyakan berasal dari Dataran Tinggi Loess, Provinsi Shaanxi. Topografi daerah ini adalah tebing tanah kuning yang berongga dan mudah dikeruk.

Di sana, pemukiman di dalam gua lebih disukai karena ekonomis, mudah dibangun, dan relatif aman dari binatang buas atau cuaca buruk. Yaodong yang dibangun warga biasanya terdiri dari beberapa sekat yang berfungsi sebagai ruangan. Ada pula yaodong yang ditinggali bersama oleh warga satu desa. Misalnya Desa Zhongdong yang terletak di Provinsi Guizhou.

Meskipun terkesan primitif, pada dasarnya yaodong yang ditinggali warga China cukup nyaman dan memiliki fasilitas memadai. Dinding gua dilapisi dengan bata dan semen agar terlihat lebih indah.

10 Fakta mengejutkan seputar China yang bikin geleng-geleng kepala

2. China menjatuhkan hukuman mati 4 kali lebih sering daripada seluruh negara di dunia

Serbaberita.com – Menurut laporan USA Today, China merupakan negara dengan tingkat eksekusi tertinggi di dunia, disusul oleh Iran. Eksekusi dilakukan oleh regu tembak atau dengan euthanasia (suntik mati). China bahkan memiliki mobil van khusus untuk eksekusi. Dengan begini, hukuman mati bisa dijalankan dengan lebih cepat, aman, dan efisien.

Meskipun statistik kematian karena eksekusi merupakan rahasia negara, kemungkinan besar China mengeksekusi ribuan warganya setiap tahun. Pada tahun 2005, Amnesty International memperkirakansekitar 8.000orang telah dieksekusi. Jumlah ini berkurang drastis mulai tahun 2012.

Biasanya hukuman seperti ini dijatuhkan kepada terdakwa pembunuhan tingkat satu, pelaku human trafficking, dan koruptor.

10 Fakta mengejutkan seputar China yang bikin geleng-geleng kepala

3. Hampir sepertiga polusi udara San Francisco berasal dari China

Serbaberita.com – Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa polusi dan debu asap dari China mencapai Amerika Serikat melalui Samudera Pasifik. Namun besarnya polusi ‘kiriman’ dari China baru diketahui pada tahun 2010.

Menurut laporan The Wall Street Journal, makalah yang diterbitkan oleh American Chemical Society tersebut mencoba melacak polusi berupa debu partikulat halus yang berasal dari Asia Timur dengan metode geokimia khusus. Hasilnya, sepertiga dari polusi mencemari udara San Francisco berasal dari China.

China memang terkenal sebagai salah satu negara dengan polusi terparah di dunia. Tak hanya udara, pencemaran air dan tanah di negara ini juga sudah memasuki tingkat mengkhawatirkan.

10 Fakta mengejutkan seputar China yang bikin geleng-geleng kepala

4. Pada tahun 2020, jutaan pria China akan menjadi perjaka tua

Serbaberita.com – Pada tahun 2020, China bisa memiliki 30 juta hingga 40 juta penduduk laki-laki yang tidak dapat menemukan istri. Perkiraan ini dikemukakan dalam makalah berjudul Marriage, a History: How Love Conquered Marriage yang ditulis oleh Stephanie Coontz. Pasalnya, China tengah mengalami krisis penduduk wanita.

China sempat mengalami ledakan jumlah penduduk. Namun pada tahun 80-an, negara ini menerapkan program keluarga berencana yang sangat ketat. Keluarga-keluarga di China hanya diperbolehkan memiliki sedikit anak. Satu anak untuk keluarga yang bermukim di desa dan dua anak untuk yang tinggal di kota. Karena kebudayaan China menganggap anak lelaki lebih penting daripada anak perempuan, akhirnya jumlah kasus aborsi terhadap bayi berjenis kelamin perempuan jadi meningkat tajam.

Sekarang, jumlah penduduk pria di China jauh lebih banyak, sehingga prospek untuk mendapatkan jodoh semakin sulit. Fenomena seret jodoh ini semakin menyulitkan bagi pria-pria China yang berasal dari desa.

10 Fakta mengejutkan seputar China yang bikin geleng-geleng kepala

5. Setiap 5 hari sekali, sebuah gedung pencakar langit baru dibangun di China

Serbaberita.com – Menurut laporan Southern Metropolis Daily, statistik tahun 2012 menunjukkan bahwa lebih dari 200 gedung pencakar langit di China sedang dalam tahap pembangunan. Berarti, rata-rata satu gedung pencakar langit akan selesai setiap lima hari dalam tiga tahun. Sekitar 80 persen gedung pencakar langit ini dibangun di kota yang pembangunannya bekum begitu maju.

China menganggap bangunan sebagai simbol kemakmuran dan kekayaan. Semakin tinggi gedung yang dibangun, semakin bergengsi pula kesan yang dihasilkan. Pemerintah daerah memainkan peran penting dalam menentukan ketinggian bangunan.

Sisi negatifnya, banyak gedung bertingkat yang kemudian dihentikan pembangunannya. Di beberapa daerah, kini terdapat kota mati yang berisi bangunan-bangunan terlantar.

10 Fakta mengejutkan seputar China yang bikin geleng-geleng kepala

6. China miliki panti rehabilitasi bagi pecandu internet

Serbaberita.com – Menurut laporan TIME, tingkat kecanduan terhadap internet di China telah mencapai tahap mengkhawatirkan. Hal ini terutama terjadi pada generasi muda. Akses terhadap teknologi canggih dan internet yang tak terkendali merupakan penyebab utamanya.

Untuk mengatasinya, sejak tahun 2004 telah didirikan Internet Addiction Center di Beijing. Sejak pembukaan, lebih dari 3.000 orang telah menjadi pasien di sana. Sebagian besar masih berada dalam usia remaja. Kini, kamp rehabilitasi bagi pecandu internet telah menjamur di berbagai daerah lain.

10 Fakta mengejutkan seputar China yang bikin geleng-geleng kepala

7. Setiap tahun, hampir 4 juta kucing di China dibantai untuk dijadikan makanan

Serbaberita.com – Pada bulan Desember 2012, surat kabar Nanfang News melaporkan penyembelihan sekitar 4 juta kucing di China. Kucing-kucing ini biasanya dikirim ke restoran untuk diolah menjadi hidangan tradisional. Daging kucing merupakan simbol dari harimau, biasa disantap bersama ular (simbol naga) dan ayam sebagai pembawa keberuntungan.

Seperti sudah diketahui bersama, warga China merayakan festival Yulin di mana anjing dan kucing dimasak menjadi hidangan tradisional. Mereka percaya, menyantap daging kedua hewan ini bisa memberikan berkah dan menyeimbangkan berbagai elemen alam di dalam tubuh seseorang.

Menurut laporan Associated Press, setiap tahun sekitar 10.000 anjing dan kucing disembelih untuk festival Yulin. Resminya, hanya anjing dan kucing dari peternakan bersertifikat yang boleh disembelih untuk kebutuhan konsumsi. Namun, tak sedikit anjing dan kucing liar yang ditangkap untuk disembelih. Dalam beberapa kasus, anjing dan kucing peliharaan pun disembelih untuk diperdagangkan.

10 Fakta mengejutkan seputar China yang bikin geleng-geleng kepala

8. Satwa kebun binatang pun dipalsukan

Serbaberita.com – Tak sedikit yang berpendapat China adalah negara produsen barang bajakan. Tak hanya beredar di luar negeri, warga China sendiri banyak yang tertipu dengan produk bajakan. Contohnya adalah kasus iPhone 7s beberapa waktu lalu. Seorang konsumen di China tertipu saat melakukan pembelian online. Ingin mendapatkan smartphone terbaru berlogo apel, tapi malah mendapatkan gadget palsu berlogo buah pir.

Hal yang serupa juga dialami oleh para pengunjung kebun binatang di Louhe pada tahun 2013. Dilansir CNN, pengunjung marah karena pihak pengelola memalsukan satwa yang ada di sana. Mereka mendandani seekor anjing Tibetan mastiff seperti singa Afrika. Menurut laporan koran lokal, pemalsuan juga dilakukan untuk satwa-satwa lain. Antara lain anjing yang ditempatkan di kandang serigala dan rubah putih yang dipalsukan sebagai leopard.

10 Fakta mengejutkan seputar China yang bikin geleng-geleng kepala

9. China adalah bangsa pertama yang mengenal ganja

Serbaberita.com – Mungkin sekarang ganja lebih identik dengan Jamaika atau Amerika Serikat dan Belanda yang melegalkan tumbuhan bersifat hallucinogen ini. Namun ternyata justru bangsa China yang lebih dulu mengenal ganja.

Menurut Narconon.org, catatan sejarah mengenai pemanfaatan ganja yang tertua ditemukan di China. Pada tahun 6.000 SM, orang China sudah mengolah ganja sebagai bahan makanan. Penggunaan ganja untuk keperluan medis sudah dikenal pada tahun 2727 SM. Sementara pada tahun 1500 SM, ganja sudah dibudidayakan memenuhi kebutuhan pangan dan serat tekstil.

10 Fakta mengejutkan seputar China yang bikin geleng-geleng kepala

10. Di China ada desa yang seluruh warganya ahli kungfu

Serbaberita.com – Di Ganxi Dong, Pegunungan Tianzhu terdapat sebuah desa terpencil yang semua penduduknya ahli kungfu. Desa ini merupakan pemukiman suku Dong, etnis minoritas China yang mencoba menjaga keaslian tradisi mereka dengan melestarikan seni bela diri kungfu.

Dilansir Oddity Central, setiap keluarga di desa ini memiliki aliran kungfu yang berbeda-beda. Setiap anggota keluarga, tua, muda, wanita, dan pria disarankan untuk setidaknya mempelajari teknik kungfu.

Di sela-sela aktivitas bercocok tanam, warga Ganxi Dong kerap berlatih bersama. Kadang mereka melakukan latih tanding untuk menguji kemampuan masing-masing.

You may also like...