10 Makanan ini aman dikonsumsi penderita diabetes karena stabilkan gula darah

Serbaberita.com Jika kamu seorang penderita diabetes, tentu kamu harus selektif dalam memilih makanan yang akan kamu konsumsi. Sebab bisa jadi makanan yang dikonsumsi bisa menaikkan gula darah yang malah memperparah penyakit gula ini.

Dilansir dari boldsky.com, ada beberapa contoh makanan yang aman dikonsumsi penderita diabetes karena tak membuat kadar gula naik tak terkendali.

Avokad
Avokad rendah akan kadar glikemiknya. Avokad juga mengandung asam lemak sehat yang menjadi komponen penting untuk menstabilkan gula darah.

Ikan tinggi omega 3
Ikan adalah sumber protein yang hebat dan mengandung asam lemak omega 3 sehat. Sehingga ikan, terutama salmon, aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Bawang putih
Bawang putih memiliki potensi sehat untuk mengelola kadar gula darah.

Ceri
Ceri mengandung zat alami yang disebut dengan anthocyanin yang bisa menjaga kestabilan gula darah dan menghindarkanmu dari diabetes.

Cuka apel
Asam asetat di dalam cuka apel bisa meningkatkan sensitivitas insulin setelah makan. Sehingga gula darah pun akan stabil.

Sayuran berdaun hijau
Sayuran ini tinggi serat dan nutrisi seperti magnesium dan vitamin A. Kedua nutrisi ini membantu untuk menurunkan kadar gula darah.

Biji chia
Biji chia akan membantu menurunkan kolesterol buruk dan trigliserida karena kaya akan serat, lemak sehat, omega 3, kalsium, dan zat antioksidan.

Kakao
Biji kakao tinggi zat antioksidan dan flavanol yang disebut dengan epicatechin untuk mengatur produksi glukosa.

Blueberry
Tak hanya tinggi zat antioksidan, blueberry juga tinggi anthocyanin yang bisa mencegah lonjakan gula darah setelah kamu mengonsumsi zat pati.

Kacang almond
Penelitian menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kacang almond memiliki kadar glukosa yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *