10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur, Destinasi Wajib Negeri Jiran

Lokasinya berdekatan, Malaysia menjadi salah satu negara yang sering dikunjungi orang Indonesia. Keperluannya beragam, ada yang melakukan perjalanan bisnis, berkunjung ke keluarga, atau sekadar berlibur mencari pengalaman baru.

Kalau sedang liburan, wajib banget untuk mengunjungi ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur. Destinasinya variatif banget, seperti beberapa di bawah ini.

1. Petronas Towers

10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur, Destinasi Wajib Negeri Jiranexpatgo.com

Jadi ikon terkenal, kamu harus menyempatkan singgah ke menara kembar Petronas. Letaknya berada di Kuala Lumpur City Centre, di persimpangan Jalan Ampang dan Jalan Raja Chulan.

Arsitekturnya megah, menara ini memiliki tinggi 452 meter. Gedung ini terdiri dari perkantoran perusahaan multinasional, seperti Accenture, Al-Jazeera, Barclays Capital, Bloomberg, Boeing, IBM, McKinsey & Co., Microsoft, Reuters, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di sekitar menara, terdapat mall dan taman dengan fasilitas menarik, seperti jogging track, air mancur, dan kolam kecil untuk anak-anak. Gak cuma itu, ada pula  Petronas Art Gallery, Petrosains Science Centre, dan Kuala Lumpur Convention Centre.

2. Batu Caves

10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur, Destinasi Wajib Negeri Jirantheculturetrip.com

Destinasi wisata yang paling sering dikunjungi di Kuala Lumpur adalah Batu Caves. Jaraknya sekitar 11 kilometer ke utara Kuala Lumpur. Di dalamnya ada patung yang berumur 100 tahun dan gua-gua yang bisa kamu jelajahi.

Ada pula Art Gallery Cave dan Museum Cave yang memiliki banyak koleksi patung dan lukisan. Guanya sendiri sudah berumur kurang lebih 400 juta tahun.

Kalau ke sini, kamu bisa naik Bus Intrakota nomor 11D dari Central Market atau Bus Cityliner nomor 69 di Jalan Pudu. Kalau bingung, kamu bisa naik taksi. Gak perlu khawatir, bukanya setiap hari pukul 06.00-21.00.

3. KL Tower

10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur, Destinasi Wajib Negeri Jirantrover.com

Tingginya 421 meter, KL Tower merupakan bangunan tertinggi nomor lima di dunia. Lokasinya berada di Bukit Nanas Forest Reserve, bangunan ini berdiri di tengah-tengah hutan Jelutong. Tempat ini buka pada pukul 09.00–22.00 di hari kerja, dan pukul 09.30-22.00 saat weekend.

Kamu bisa menikmati makan di Atmosphere 360 untuk merasakan pengalaman berbeda. Gak cuma itu, ada juga teater, amphiteater, kolam renang, restoran cepat saji, dan toko suvenir. Kapan lagi kamu beraktivitas dengan pemandangan Kuala Lumpur yang mengagumkan, ya kan?

4. Sultan Abdul Samad Building

10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur, Destinasi Wajib Negeri Jiranraynatours.com

Dibangun sejak tahun 1897, arsitektur bangunan ini memiliki daya tarik tersendiri. Sebagai tempat bersejarah, Pemerintah Kuala Lumpur menjaga eksistensinya. Sekarang digunakan sebagai kantor Kementerian Informasi, Komunikasi, dan Budaya.

Letaknya berada di Jalan Tun Perak, dekat dengan Dataran Merdeka di Jalan Sultan Hishamuddin. Kamu bisa naik LRT dan turun di stasiun Masjid Jamek. Kamu bisa lanjut jalan 10 menit dari stasiun, nantinya ada banyak tanda yang akan mengantarmu ke tempat ini. Rasanya seperti sedang di Timur Tengah ya?

5. Sunway Lagoon

10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur, Destinasi Wajib Negeri Jiranasia-experience.com

Kalau ingin merasakan kesegaran dengan bermain air, kamu bisa mampir ke Sunway Lagoon. Bukanya setiap hari pada pukul 10.00-18.00. Lokasinya berada di Petaling Jaya, 15 kilometer dari pusat kota Kuala Lumpur.

Kamu bisa menikmati berbagai bentuk perosotan dan permainan air, seperti surf beach, kolam ombak, 360° revolving pirate ship, dan sebagainya. Gak cuma wahana airnya saja, ada pula Scream Park, Amusement Park, Extreme Park, dan Wildlife Park yang wajib kamu jelajahi.

6. Perdana Botanical Garden

 

10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur, Destinasi Wajib Negeri Jirantripsavvy.com

Perdana Botanical Gardens merupakan sebuah taman bunga dengan koleksi bunga terbesar di Kuala Lumpur. Letaknya di Jalan Kebun Bunga, Tasik Perdana, Kuala Lumpur.

Oh iya, taman ini satu cakupan dengan Tun Abdul Razak Heritage Park. Ada koleksi hewan, air terjun buatan, dan danau yang menjadi daya tarik tersendiri. Perdana Botanical Gardens selalu ramai dikunjungi saat weekend.

Berbagai macam kebun bunga yang bisa kamu jelajahi antara lain kebun anggrek dan bunga sepatu yang menyegarkan mata. Ada pula Laman Perdana yang berada di tengah-tengah taman, di mana ada danau, kafe, dan gazebo untuk bersantai sambil melihat kebun. Bukanya setiap hari selama pukul 07.00-20.00.

7. Aquaria KLCC

10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur, Destinasi Wajib Negeri Jirantuktukdude.com

Kalau ingin berwisata edukatif, Aquaria KLCC bisa jadi pilihan tepat. Sesuai namanya, tempatnya berada di KLCC alias Kuala Lumpur Convention Centre.

Jadi akuarium terbesar di Asia Tenggara, Aquaria memiliki 150 spesies dengan total 5.000 spesies di dalamnya. Di antaranya seperti ikan hiu tutul, ular laut, ikan pari, koral, kuda laut, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kamu bisa menikmati berbagai wahana di Aquaria, salah satunya ada lorong akuarium sepanjang 90 meter dengan elevator di tengahnya. Lalu, ada juga kolam spesial endemik hutan Amazon, seperti ikan araipaima raksasa. Yang wajib kamu coba juga adalah wahana divingbersama ikan hiu, berani?

8. Jalan Alor, Bukit Bintang

10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur, Destinasi Wajib Negeri Jiranpropsocial.my

Pecinta kuliner wajib banget datang ke Jalan Alor, karena banyak penjual street food dan  hidangan laut yang enak. Letaknya dekat banget dengan Bukit Bintang, jalan ini merupakan tempat makan favorit di area Golden Triangle. Kamu bisa naik monorel ke sini, turun di Bukit Bintang, lalu tinggal jalan satu menit ke arah utara.

Makanannya sedap dan murah, kamu bisa menikmati berbagai hidangan, seperti sate-satean, mie, dan hidangan manis. Salah satu restoran yang terkenal antara lain Wong Ah Wangyang menyajikan omelet tiram, restoran Terminal Sate Zul menyediakan berbagai jenis bakar-bakaran, dan restoran Meng Kee yang memiliki hidangan andalan ikan bakar.

9. Chinatown

10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur, Destinasi Wajib Negeri Jiranhotelandtravelmalaysia.com.my

Banyak negara memiliki Chinatown atau Pecinan, salah satunya Malaysia. Lokasinya tepat di jantung Kuala Lumpur, tepatnya di Jalan Petaling yang juga dikenal sebagai ‘Chee Cheong Kai’. Area pecinan ini tak pernah sepi, bahkan lebih ramai dari KLCC atau Bukit Bintang.

Pecinan di sini dipenuhi tempat belanja dan pusat budaya. Ada banyak penjual Chinese food dan kerajinan khas pecinan. Ada pula kelenteng Sri Mahamariamman yang didirikan pada 1873. Kalau dihitung, umurnya lebih dari 100 tahun lho!

10. Central Market

10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur, Destinasi Wajib Negeri Jiranmylittleadventure.com

Surganya si shopaholic, Central Market adalah salah satu destinasi Kuala Lumpur yang terkenal. Berdiri sejak 1928, pasar ini memiliki suasana yang menyenangkan. Tempatnya mirip dengan Covent Garden di London atau Fisherman’s Wharf di San Fransisco.

Banyak pedagang yang menjual suvenir, Central Market disebut juga Pasar Seni. Ada busana tradisional, kerajinan tangan, dan lain-lain. Gak cuma itu, ada pula restoran dan food court yang menyajikan hidangan Asia.

Gampang banget, lokasinya berada di Kota Raya Shopping Centre yang dilewati jalur transportasi umum. Bukanya setiap hari pukul 10.00- 22.00.

Sudah siap menjelajahi Kuala Lumpur?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *