10 Trik Menabung Efektif untuk Generasi Millennials

Keuangan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Bagaimana caramu mengelola keuangan saat ini tentunya akan memberikan dampak untuk masa depan. Namun, sayangnya generasi millennials belum memahami bagaimana cara mengelola keuangan yang baik.

Tuntutan gaya hidup yang tinggi agar terlihat kekinian masih dipegang oleh kebanyakan millennials. Gak heran meski sudah bertahun-tahun bekerja, mereka sangat susah menyisihkan uangnya untuk ditabung. Lalu sebenarnya apa yang membuat mereka susah untuk menabung? Apakah ada tips yang bisa dilakukan para millennials agar bisa mengatur keuangannya dengan baik?

1. Jika dibanding generasi x dan baby boomers, generasi millennials yang lebih miskin

[INFOGRAFIS] 10 Trik Menabung Efektif untuk Generasi MillennialsUnsplash/Anna Utochkina

Berdasarkan riset Federal Reserve atau bank sentral Amerika Serikat, generasi millennialsmerupakan generasi yang lebih miskin jika dibandingkan dengan generasi x, baby boomers dan generasi 1900an. Selain itu, mereka juga memiliki kebiasaan belanja yang tinggi dengan kondisi keuangan sedikit. Hal ini yang membuat millennilas memiliki banyak hutang dibanding baby boomers.

2. Ada beberapa faktor yang menyebabkan generasi millennials susah menabung

[INFOGRAFIS] 10 Trik Menabung Efektif untuk Generasi MillennialsUnsplash/Bady Qb

Ada beberapa faktor yang menyebabkan generasi millennials susah untuk menabung. Di antaranya yaitu pengeluaran yang gak sebanding dengan pemasukan, gak memiliki dana darurat dan memiliki hutang kartu kredit yang berlebihan. Berada dalam hubungan cinta yang menguras keuangan juga menjadi faktor generasi millennials susah menabung.

Selain itu, mereka juga gak mempersiapkan keuangan di masa pensiunnya. Beberapa kesalahan ini lah yang membuat generasi millennials gak bisa mengumpulkan uang sepeser pun meski telah bekerja lama.

3. Kamu bisa menerapkan tips berikut untuk mengatur keuanganmu

[INFOGRAFIS] 10 Trik Menabung Efektif untuk Generasi MillennialsUnsplash/rawpixel

George Washington Global Financial Literacy Excellence Center pernah melakukan riset terhadap 5500 millennials. Dari riset ini, hanya 24 persen dari responden yang mengerti soal prinsip dasar keuangan. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu termasuk dari 24 persen dari generasi millennials tersebut atau justru di luarnya? Jika kamu masih belum paham, coba tips pada infografis berikut agar dapat mengatur keuanganmu dengan baik.

[INFOGRAFIS] 10 Trik Menabung Efektif untuk Generasi MillennialsArief Rahmat

Bagi kamu yang baru ingin memulai untuk mengatur keuangan, 10 hal tersebut bisa kamu terapkan sebagai langkah awal. Selain itu, kamu juga bisa coba metode 50/30/20 untuk mengatur keuanganmu. Sehingga ketika mendapatkan penghasilan, kamu bisa langsung membaginya berdasarkan metode tersebut. Metode ini bisa diaplikasikan untuk semua tingkat penghasilan.

Nah, itu tadi langkah awal yang bisa kamu terapkan. Cara tersebut cukup efektif untuk mengatur keuanganmu. Kunci utama agar kamu berhasil mengelola keuangan dengan baik adalah konsisten dan mematuhi aturan yang telah kamu buat sendiri. Selamat mencoba!