11 Cara menaikkan trombosit secara alami tanpa obat-obatan

Serbaberita.com – Trombosit merupakan sel kecil atau keping sel yang mengalir di tubuh Anda melalui aliran darah. Trombosit memiliki fungsi penting karena dapat membantu menghentikan pendarahan jika terjadi luka kecil atau bagian tubuh yang menganga. Cara kerja trombosit adalah dengan menutupi pembuluh darah yang rusak dengan membentuk benang-benang fibrin yang akan menutup kerusakan tersebut. Trombosit manusia berukuran kecil dan berbentuk bulat. Pembuatan trombosit bertempat di sumsum tulang.

Struktur aktif dari trombosit muda pecah apabila sudah berada di luar pembuluh darah atau terkena benda keras. Pada beberapa kasus, ada orang yang mengalami penurunan trombosit atau kekurangan trombosit. Akibat dari kekurangan trombosit antara lain adalah mengalami penyakit tifus, memar, pendarahan di lambung, pendarahan di hidung dan gusi, demam berdarah, anemia aplastik, leukimia, mielofibrosis, dan terutama pendarahan akan sulit berhenti.

Beberapa orang mungkin lamban menyadari kalau dirinya ternyata mengalami penurun trombosit atau kekurangan trombosit. Ciri yang paling mudah terlihat adalah ketika Anda terluka kecil maupun besar, apakah darah yang keluar baru berhenti dalam waktu yang lama? Maka tak lain Anda sedang kekurangan trombosit. Yang paling umum ketika mengalami kekurangan trombosit adalah terkena penyakit tipes maupun demam berdarah.

Bagi Anda yang ternyata terindikasi kekurangan trombosit, ternyata alam sudah menyediakan beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara menaikkan trombosit.

Cara menaikkan trombosit

  1. Jambu biji

Sudah merupakan rahasia umum jika jambu biji digunakan sebagai cara menaikkan trombosit. Ketika ada kerabat yang sedang sakit demam berdarah otomatis kita akan membawa jambu biji ketika menjenguk mereka. Buah jambu kaya akan vitamin C. Untuk meningkatkan trombosit Anda bisa mengkonsumsi jambu biji dengan cara langsung dimakan atau dijus.

  1. Bayam

Bayam kaya akan vitamin K yang memang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghentikan pendarahan. Car meningkatkan trombosit dengan daun bayam adalah dengan merebus 5 daun bayam dengan 2 gelas air. Rebus hingga air menguap dan tinggal 1 gelas. Minum airnya. Lakukan setiap hari.

  1. Biji-bijian

Vitamin B9 yang ada pada kebanyakan biji-bijian dapat meningkatkan trombosit dalam darah Anda.

  1. Kacang-kacangan

Almond, kacang tanah, walnut, pistachio, berbagai kacang-kacangan lainnya mengandung vitamin D, K, dan fibrinogen yang membantu penyerapan kalsium sehingga kadar trombosit akan meningkat.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat

Untuk mendongkrak produksi trombosit pada tubuh Anda, tentu Anda harus lebih sering dan rajin mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang diolah dengan cara yang baik pula seperti sayuran dan buah-buahan.

  1. Tidak mengkonsumsi makan tidak sehat

Makanan olahan terutama yang berminyak, gula halus, dan junk food, minuman beralkohol serta berkafein sebaiknya perlu Anda hindari karena malahan dapat menyebabkan jumlah trombosit menurun karena terhambatnya produksi trombosit oleh sumsum tulang.

  1. Konsumsi makanan mengandung vitamin B12 dan asam folat

Untuk memproduksi trombosit yang berperan penting adalah vitamin B12 dan asam folat. Makanan kaya akan asam folat seperti bayam, jeruk, kacang. Makanan kaya vitamin B12 antara lain telur, susu, keju, hati ayam, daging kambing, dan lainnya.

  1. Konsumsi makanan mengandung asam lemak omega-3

Makanan kaya akan asam lemak omega-3 pastinya ikan.Bisa juga minyak ikan dan minyak biji rami. Asam lemak omega-3 dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan trombosit.

  1. Konsumsi makanan kaya akan vitamin C

Mendongkrak dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin C seperti jeruk ataupun suplemen vitamin C dapat menaikkan trombosit secara alami.

  1. Minum air hangat

Agar nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat terserap dengan baik maka minumlah air hangat. Jangan minum air dingin karena malah memperlambat saluran pencernaan.

  1. Perbanyak minum air mineral

Sel darah terbuat dari air dan protein, maka dengan minum banyak air akan menghasilkan lebih banyak sel darah termasuk meningkatkan trombosit.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *