7 TIPS MEMILIH REKAN KERJA

 Berbisnis ibarat peribahasa, butuh dua orang untuk melakukan (tarian) Tango. Sebab, memulai bisnis dari nol haruslah membutuhkan rekanan.

Pemimpin bisnis besar dunia pun memiliki rekan kepercayaan. Steve Jobs memiliki Steve Wozniak, Bill Gates ditemani Paul Allen, dan Mark Zuckerberg dibantu oleh Sheryl Sandberg.

Membangun bisnis selalu memerlukan rekan terpercaya untuk membantu mengeksekusi ide menjadi wujud nyata yang dapat memberikan dampak positif pada masyarakat. Dan sebelum meraih itu, dibutuhkan pertimbangan dan persiapan matang.

Rekan bisnis akan turut memberikan kontribusi dalam proses pengembangan bisnis itu sendiri. Yang harus dipahami, kehati-hatian sangat diperlukan dalam memilih rekan bisnis.

Selain kesamaan visi, apalagi yang harus dicari? Berikut tujuh kualitas yang perlu dicari di rekan bisnis, seperti yang ditulis oleh TunaiKita.

1. Cari rekan yang melengkapi

 Biasanya seseoarang cenderung merasa lebih nyaman bekerja dengan seseorang yang memiliki latar belakangan kemampuan yang sama. Dia akan merasa cocok karena memiliki banyak kesamaan.

Akan tetapi, lebih baik jika mencari rekan bisnis dengan latar belakang yang berbeda. Hal ini agar rekan bisnis kamu bisa mengisi kekurangan yang kamu miliki.

Misal, Mark Zuckerberg ahli dalam hal teknis, sementara dia kurang ahli mengatur pegawai. Untungnya, Sheryl Sandberg lebih lihai mengurus para pegawai dan sukses menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO).

2. Miliki kesamaan visi dan misi

Visi dan misi adalah pondasi dasar dalam menjalani sebuah bisnis. Jika memiliki visi dan misi yang kuat, maka otomatis sudah melahirkan sebuah bisnis yang kuat pula.

Sangat penting untuk menyatukan visi dan misi terlebih dahulu. Kemudian, barulah melangkah bersama membangun sebuah bisnis.

3. Cari rekan yang punya koneksi

Faktor lain yang akan menunjang kelancaran bisnis adalah networking atau jaringan berbisnis. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memilih partner bisnis yang memiliki banyak kenalan di dalam dunia bisnis sesuai dengan sektor keahlian mereka masing-masing.

 

4. Etos kerja

Memiliki visi dan misi yang sama serta jaringan bisnis yang luas saja masih belum cukup. Mempunyai etos kerja yang baik adalah syarat wajib di samping memiliki visi yang sama dan kenalan yang luas.

Pastikan calon rekan bisnis adalah pribadi yang disiplin dan pekerja keras. Memiliki rekan kerja yang beretos kerja baik adalah lebih baik karena mereka pasti tidak gampang menyerah menghadapi rintangan di tengah jalan.

5. Komitmen

Komitmen dan prioritas tidak melulu menyangkut hubungan asmara. Dalam berbisnis pun kedua unsur ini perlu dibawa oleh rekan bisnis.

Apakah rekan bisnis kamu siap berkomitmen untuk merintis dan menjalani usah abersama? Apakah dia bisa menyeriusi bisnis tersebut dan tidak memperlakukannya sebagai sampingan saja? Dia harus mau menjadikan bisnis sebagai prioritas utama.

6. Kepercayaan

Kepercayaan menjadi modal awal yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis. Tidak hanya dalam hubungannya dengan pihak eksternal, tetapi juga dengan pihak internal, termasuk calon rekan bisnis.

Pastikan rekan bisnis tersebut adalah yang dapat dipercaya dalam kondisi apa pun.

7. Bisa menerima kritik dan masukan

 Kritik dari orang lain memang tidak akan pernah bisa dihindari. Hal apa saja pasti akan dibumbui oleh kritik dan saran.

Ini penting terutama saat menjalankan bisnis. Akan ada banyak masukan-masukan jujur yang harus dihadapi saat merintis usaha bersama. Pilihlah rekan dengan sifat terbuka dan mau menerima kritik yang membangun.