5 Tips Aman Melibas Jalan Licin

Musim hujan belum benar-benar berakhir. Bahkan, dalam beberapa hari terakhir, hujan turun cukup deras di beberapa wilayah Jakarta.

Bagi pengendara sepeda motor, hujan bisa menjadi masalah. Tidak saja karena mereka harus menyiapkan jas hujan, tapi juga karena jalanan yang cenderung menjadi licin saat basah.

Nah, berikut ada beberapa tips melibas jalanan licin dari Astra Honda:

1. Jaga jarak dengan pengendara di depan

5 Tips Aman Melibas Jalan LicinUnsplash/Welch

Sangat penting menjaga jarak dengan pengendara di depan. Sebab, jika pengendara di depan kamu mengerem secara mendadak, kamu masih memiliki jarak yang cukup untuk mengerem.

Apalagi jika jalanan sedang basah, menjaga jarak menjadi satu hal yang mutlak harus kamu perhatikan.

2. Nyalakan lampu utama

5 Tips Aman Melibas Jalan LicinUnsplash/Journey Man

Pada motor keluaran terbaru, lampu depan akan otomatis menyala saat mesin dihidupkan. Namun jika motormu masih menggunakan sistem manual, pastikan lampu depan motor menyala sebelum kamu memuntir gas.

 

Apalagi jika kondisi hujan. Cahaya lampu depan akan membantumu melihat lebih jelas kondisi jalan di depan. Lampu depan juga membantu pengendara lain mengetahui posisimu.

3. Ban harus dalam kondisi bagus

5 Tips Aman Melibas Jalan LicinUsplash/AdityaChinchure

Melibas jalan licin itu sangat berisiko. Lebih berisiko lagi jika ban sepeda motormu sudah botak alias halus permukannya.

Karena itu segera ganti jika ban sepeda motormu sudah botak ya guys.

4. Turunkan kecepatan

5 Tips Aman Melibas Jalan Licinmotosd

Menurunkan kecepatan saat melibas jalan licin bisa membuatmu terhindar dari kecelakaan. Menurunkan kecepatan tidak hanya ketika kamu akan berbelok, tapi juga ketika melaju lurus.

5. Jangan gunakan helm berkaca gelap

5 Tips Aman Melibas Jalan LicinUnsplash Colton Duke

Hujan tak hanya membuat jalanan menjadi licin, tapi juga mengurangi jarak pandang. Karena itu jangan gunakan helm berkaca gelap, karena akan membuat pandanganmu semakin terbatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *