3 Alasan Kacang Harus Jadi Menu Makanan Wajibmu Setiap Hari!

Salah satu jenis makanan yang perlu banyak dikonsumsi jika ingin tubuh sehat adalah kacang-kacangan. Kacang mungkin berbeda dengan nasi yang bisa jadi menu makanan pokok, namun bukan berarti kacang tak bisa menjadi menu makanan setiap hari.

Justru ada banyak manfaat jika kamu memasukkan seporsi kacang-kacangan ke dalam menu makanan harianmu. Seperti dilansir dari Men’s Health, ini sekian alasan penting mengapa kamu perlu makan kacang setiap hari.

1. Hidup panjang umur

Penelitian tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal BMC Medicine menemukan bahwa makan 20 gr (kurang lebih satu genggam) kacang-kacangan per hari bisa menurunkan risiko kematian dini sebesar 22 persen.

2. Menjaga kesehatan jantung

Penelitian tahun 2016 yang juga diterbitkan dalam jurnal BMC Medicinemengungkapkan bahwa orang-orang yang suka makan kacang-kacangan bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga sepertiganya dibanding orang yang tak suka makan kacang-kacangan.

Makan kacang setiap hari bahkan bisa menurunkan risiko terserang penyakit jantung hingga 21 persen. Peneliti menjelaskan bahwa kandungan serat, lemak tak jenuh ganda, dan magnesium pada kacang mampu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kekuatan jantung.

3. Menurunkan risiko kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makan satu genggam atau lebih kacang-kacangan bisa menurunkan 15 persen risiko serangan kanker pada tubuh dibanding orang yang tak pernah makan kacang-kacangan setiap hari. Antioksidan pada kacang-kacangan diketahui merupakan kandungan penting yang bisa menjaga sel-sel tubuh tetap sehat.

Jadi, sekarang kamu tahu kan mengapa sebaiknya kamu makan kacang setiap hari? Menjadikan kacang sebagai camilan juga lebih sehat lho dibanding kamu ngemil keripik atau yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *