3 Cara Menyimpan Kuah Kaldu Agar Awet Tahan Lama

BIRAHIMALAM.COM – Memasak daging memang lebih sda jika menggunakan kuah kaldu. Kaldu ayam maupun sapi memberikan cita rasa lebih sedap pada setiap masakan. Tidak heran jika kemudian banyak kaldu-kaldu daging yang dijual kemasan.

Namun jika ingin membuat sendiri kaldu daging di rumah, sangat bisa dan mudah dibuat. Hanya saja, harus tahu bagaimana menyimpan kuah kaldu agar bisa diolah kapan pun saat ingin memasak. Dilansir dari Food52, berikut ini sekian cara menyimpan kuah kaldu agar tahan lama dan bisa digunakan kapan saja.

Setelah kaldu dingin, tempatkan pada wadah makanan atau kontainer. Pastikan menggunakan wadah makanan yang hanya digunakan untuk di dalam frezer atau lebih mudahnya, gunakan wadah plastik. Simpan di dalam freezer.

Tips menyimpan kaldu agar tahan lama/copyright Pixabay.com

1. Wadah plastik
Pastikan wadah penyimpanan bukan gelas atau yang terbuat dari kaca, karena jika menggunakan wadah makanan dengan bahan ini, rentan pecah jika terkena air panas, karena sudah terlanjur disimpan di freezer.

2. Bungkus plastik
Bisa juga menyimpan di bungkus plastik biasa dan diikat dengan karet pada ujungnya. Cara ini bisa lebih memudahkan ketika akan memasak, karena tidak perlu mencairkan seluruh kaldu di dalam wadah makanan, namun cukup mengeluarkan beberapa bungkus plastik kaldu sesuai kebutuhan.

3. Tempat es batu
Bisa juga menggunakan wadah es batu dan setiap akan memasak, cukup keluarkan setiap blok kaldu sesuai keperluan.
Dengan cara ini kaldu juga lebih cepat membeku namun tidak begitu tahan lama karena tercampur dengan udara bebas freezer.

Jadi, cara manapun yang dipilih, pastikan menyimpan di dalam freezer. Dengan cara ini, kaldu bisa bertahan 6 bulan hingga 1 tahun lamanya. Jangan menyimpan kaldu di dalam kulkas, kecuali jika akan digunakan esok harinya.