30 Manfaat madu untuk kesehatan, wajah, kecantikan, bibir, dan rambut

Serbaberita.com – Manfaat madu yang banyak sekali memang sudah merupakan rahasia umum. Mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Banyak produk kecantikan yang memakai madu sebagai bahan dasar karena memang memiliki banyak sekali manfaat. Apalagi untuk kesehatan, sudah tidak perlu ditanyakan lagi manfaat madu bagi tubuh kita. Manfaat madu sebagai kesehatan sering digunakan sebagai campuran beberapa merek minuman penambah stamina tubuh.

Madu sendiri merupakan cairan yang sekilas menyerupai sirup namun lebih kental dan rasanya lebih manis. Tidak perlu ditanya lagi dari mana asal madu, tentu saja lebah. Madu berawal dari nektar yang dihasilkan oleh lebah. Rasa manis pada madu disebabkan adanya unsur monosakarida fruktosa dan glukosa yang memang merupakan perasa manis pada gula.

Tidak hanya bermanfaat sebagai kesehatan, tidak jarang pula orang menggunakan madu sebagai bahan olesan pada makanan yang hendak dipanggang atau campuran pada makanan karena rasa manis yang memang berbeda dari gula dan pemanis lainnya.

Madu sendiri merupakan campuran senyawa fruktosa (38,5 persen) dan glukosa (31,0 persen). Selain itu ada pula karbohidrat seperti maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Tidak hanya itu, madu juga mengandung anti-oksidan meskipun hanya sedikit yakni dari senyawa chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Komposisi tiap madu tidaklah sama, karena hal tersebut bergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah menghasilkan nektar.

Dari paparan di atas itulah tentu manfaat madu sudah tidak perlu diragukan lagi.

Manfaat madu

Manfaat madu untuk kesehatan

  1. Sumber nutrisi yang lengkap

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kandungan madu sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi madu setiap hari, merupakan cara memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Karena mengandung banyak nutrisi inilah maka dengan mengkonsumsi madu dengan sendiri metabolisme dalam tubuh akan meningkat.

  1. Meningkatkan stamina

Dengan nutrisi yang tercukupi sehingga metabolisme tubuh meningkat, akan berdampak pula pada stamina yang meningkat. Tidak perlu ragu, Anda pasti sering menemui minuman peningkat stamina yang menggunakan madu bukan?

  1. Memusnahkan bakteri dalam tubuh

Pada beberapa studi klinis dan penelitian, madu turut andil dalam membasmi bakteri yang dapat menyerang tubuh dan membuat tubuh sakit seperti E. coli, salmonella, methicillin-resistant staphylococcus aureus dan pseudomonas aeruginosa.

  1. Mengurangi batuk

Senyawa dekstrometorfan dama madu ternyata dapat menenangkan batuk yang menyiksa Anda atau mengganggu aktivitas Anda. Bahkan ketika Anda terus mengalami batuk-batuk pada malam hari. Dengan meminum madu maka batuk Anda akan hilang bahkan dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

  1. Meningkatkan daya ingat

Bagi Anda yang memiliki kesusahan untuk mengingat atau ternyata mengalami gangguan short term memory, maka madu bisa menjadi solusi Anda. Madu juga bisa Anda konsumsi setiap hari agar di kemudian hari ketika menjelang masa senja, daya ingat Anda tidak akan menurun secara drastis. Minumlah 20 g madu setiap hari.

  1. Mencegah kanker

Antioksidan pada madu dengan mengkonsumsinya setiap hari juga akan mengurangi dan mencegah terkena kanker di kemudian hari.

  1. Mengurangi risiko terkena serangan jantung

Tidak hanya bermanfaat sebagai pencegah kanker, antioksidan pada madu juga dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung.

  1. Mencegah dan mengobati diabetes

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rasa manis pada madu berbeda dengan gula dan pemanis buatan. Justru kombinasi dari fruktosa dan glukosa dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah.

  1. Mengobati luka luar

Pada beberapa penelitian, madu sudah terbukti efektif dapat digunakan untuk mengobati luka. Dengan mengoleskan madu murni atau madu yang belum diproses, maka luka akan sembuh dengan cepat. Luka akan tetap steril hingga menutup.

  1. Membantu mengobati dan menghilangkan alergi

Selain mengurangi dan mengobati batuk, madu juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati dan menghilangkan alergi. Jejak serbuk sari bunga dan paparan alergen yang bekerja dapat memerangi reaksi alergi.

  1. Madu untuk ibu hamil

Manfaat madu untuk ibu hamil sangat banyak, antara lain; menambah tenaga, memperkuat daya tahan tubuh selama kehamilan, meningkatkan nafsu makan, memudahkan bab, membantu janin tumbuh dan berkembang dengan sehat, menguatkan janin, mengurangi rasa mual, dan mencegah ibu hamil terserang berbagai penyakit.

Manfaat madu untuk wajah dan kecantikan

Madu kaya akan anti-oksidan yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk wajah dan kecantikan

  1. Pelembap alami wajah yang kering

  2. Mengangkat sel kulit mati

  3. Menghilangkan komedo

  4. Menyamarkan noda bekas jerawat

  5. Menyamarkan flek hitam

  6. Mengecilkan pori-pori wajah

  7. Menghaluskan wajah

  8. Membasmi jerawat

  9. Menangkal radikal bebas

  10. Mencegah penuaan dini

  11. Mencegah kulit keriput

Untuk mendapatkan semua manfaat madu untuk wajah dan kecantikan di atas cukup mudah. Gunakan madu sebagai masker setiap hari baik untuk masker wajah maupun lulur tubuh. Lakukan dengan rutin dan rasakan manfaatnya.

Manfaat madu untuk bibir

  1. Melembapkan bibir

  2. Mengatasi bibir pecah-pecah

  3. Memerahkan bibir

Menggunakan madu sebagai pelembap bibir alami atau lipbalm maka Anda akan memiliki bibir indah alami.

Manfaat madu untuk rambut

  1. Menguatkan akar rambut

  2. Membuat rambut lebih berkilau

  3. Menghitamkan rambut

  4. Membasmi kutu rambut

Gunakan madu sebagai masker rambut alami 2 hari sekali untuk mendapatkan manfaatnya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *