4 Tips menekan kerugian bekerja di rumah

EKONOMI – Bekerja di rumah bisa menjadi salah satu pilihan terbaik jika tidak ingin menghabiskan banyak waktu berkutat dengan kemacetan, atau menghadapi tugas berat di kantor. Namun, ada beberapa hal yang ternyata merugikan mereka.

Seperti kurangnya pergaulan, karena Anda hanya menghabiskan sebagian waktu di rumah. Selain itu, Anda juga sulit untuk fokus karena ada berbagai gangguan, misalnya anak-anak atau suami.

Berikut tips untuk mengurangi kerugian saat Anda bekerja di rumah, dikutip Cermati.

Memiliki ruang kerja sendiri

Anda bisa membuat sebuah ruangan sendiri khusus untuk bekerja sebagai pemisah Anda dengan anggota keluarga. Dengan adanya ruangan kerja sendiri, bisa menjadikan sebagai penanda jam bekerja.

Jadi, jika sedang berada di dalam ruang kerja, tentu anggota keluarga akan segan untuk mengganggu jam kerja sampai keluar dari ruangan tersebut.

Dekor ruangan dengan hal yang disukai

Ketika bekerja di rumah, rasa bosan dan malas akan lebih mudah datang. Oleh sebab itu, buatlah suasana ruangan kerja semenarik dan senyaman mungkin agar tidak merasa jenuh di dalamnya.

Tidak hanya itu, bekerja di rumah juga dibutuhkan kedisiplinan dari dalam diri Anda untuk menyelesaikan tugas pekerjaan sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

Mengatur waktu

Jangan mudah terlena dengan istirahat yang panjang seperti tidur atau makan selama pekerjaan belum selesai. Memang Anda juga membutuhkan istirahat pada jam-jam tertentu guna menyegarkan kembali tubuh dan pikiran, namun jangan sampai hal ini malah membuat pekerjaan menjadi tertunda.

Luangkan waktu bersama keluarga

Jangan sampai bekerja di rumah ini membuat Anda susah untuk berkomunikasi dengan orang-orang di luar rumah. Sempatkan lah, waktu senggang untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitar lingkungan rumah, seperti tetangga.

Hal ini juga bisa bermanfaat untuk mengatasi kejenuhan di dalam rumah. Anda bisa mengikuti acara atau kegiatan yang diselenggarakan oleh tetangga seperti arisan atau acara-acara lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *