5 Tips berhemat di Ramadan saat ramai ajakan buka puasa bersama

EKONOMI – Puasa di Ramadan idealnya mampu menghemat pengeluaran karena frekuensi makan berkurang. Namun apa betul begitu?

Berdasarkan pengalaman banyak orang, selama bulan Puasa ini malah pengeluaran jadi melonjak dua hingga tiga kali lipat. Hal ini karena kita akan lebih sering melakukan aktivitas bersama teman-teman selama bulan ini.

Untuk menyiasati pengeluaran yang tak terduga di bulan Ramadan, berikut empat trik hemat dari Cashbac yang bisa Anda terapkan.

1. Jangan terlalu loyal

Mungkin tidak jarang saat baru gajian Anda menjadi terlalu loyal. Mulai dari membayarkan tagihan makan teman-teman, hingga terus-menerus jajan.

Yang perlu diingat, yaitu gaji tidak hanya untuk seminggu ke depan saja, tapi harus bisa minimal untuk sebulan ke depan dan sisakan untuk tabungan. Jangan lupa, sisihkan 20 persen gaji Anda tiap bulannya untuk masa depan.

 

2. Batasi buka Puasa di luar

 Saat bulan puasa, kamu akan sering menerima ajakan untuk buka bersama oleh teman kerjamu, keluargamu, bahkan teman kecilmu. Tentu hal ini sangat boleh kamu lakukan, karena merupakan bagian dari silaturahmi dengan orang lain.

Tapi jangan sampai keseringan melakukan buka puasa di luar. Harga bahan makanan yang meningkat membuat harga makanan di restoran juga naik, jadi pengeluaranmu pasti lebih banyak.

 

3. Tetap siapkan dana kebutuhan mendadak

Siapa sih yang bisa menduga dan menebak apa yang akan terjadi ke depannya. Entah itu sakit ataupun musibah, kita tidak akan pernah tahu.

Oleh karena itu, janganlah sampai Anda tidak memiliki uang simpanan sama sekali saat kebutuhan mendadak datang. Idealnya, Anda harus sudah menyiapkan nominal dalam tabungan sebesar tiga kali pengeluaran pasti per bulan.

Misal dalam sebulan Anda memiliki pengeluaran pasti sebesar Rp 3,5 juta, setidaknya Anda harus memiliki tabungan sebesar Rp 10 juta.

 

4. Gunakan fitur Auto Debet

 Setiap bulan Anda akan memiliki pengeluaran pasti yang harus dikeluarkan. Mulai dari tagihan listrik, telepon, sampai cicilan kendaraan atau rumah.

Maksimalkan fitur auto debet yang ada pada pelayanan bank Anda untuk mengurangi potensi lupa bayar. Jadi setiap bulan Anda tidak perlu lagi meluangkan waktu ekstra untuk mengatur pengeluaran pasti tersebut.

 

5. Aplikasi pendukung keuangan

Saat ini sudah banyak aplikasi yang akan membuat Anda menjadi lebih hemat dalam melakukan pengeluaran. Mulai dari loyalty app dari beberapa merchant tertentu hingga aplikasi yang bisa memberikan keuntungan langsung dari setiap transaksi.

Pintar-pintarlah dalam memilih dan manfaatkan sebaik mungkin untuk menghemat pengeluaran Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *