5 Tips Berkendara Mobil Bagi Perempuan Hamil

Dokter dari Rumah Sakit Pertamina Jaya, Daniel Bramantyo, mengatakan wanita hamil tetap bisa beraktivitas seperti biasa, termasuk menyetir mobil. Hanya saja ada beberapa tips yang perlu diperhatikan wanita hamil yang tetap ingin menyetir mobil.

1. Perempuan hamil diperbolehkan untuk menyetir mobil, tapi ada syaratnya

5 Tips Berkendara Mobil Bagi Perempuan Hamil unsplash.com/Anthony Ginsbrook

Daniel mengatakan tidak ada larangan kepada perempuan yang sedang dalam kondisi hamil untuk mengendarai mobil.

“Nyetir untuk wanita hamil tidak ada larangan, boleh-boleh aja. Cuma posisi berkendara atau posisi duduknya itu lebih diatur,” ujar dokter Daniel saat dijumpai di kawasan Pondok Indah beberapa waktu yang lalu kepada IDN Times.

2. Posisi duduk harus 90-100 derajat

5 Tips Berkendara Mobil Bagi Perempuan Hamil www.huffingtonpost.co.uk

Ia menjelaskan posisi duduk saat berkendara sangatlah penting. Pasalnya, bila hal tersebut tidak diperhatikan akan menimbulkan gangguan pada ibu dan janin yang sedang dikandung.

“Biasanya harus lebih tegak karena posisinya itu gak boleh landai banget, gak boleh terlalu bungkuk juga, yaitu 90 sampai 100 derajat posisi yang baiknya karena kan posisi janin biar lebih rileks juga,” jelasnya.

3. Jarak antara setir dan dada minimal 25 sentimeter

5 Tips Berkendara Mobil Bagi Perempuan Hamil flvbw.de

Posisi duduk yang nyaman tersebut juga harus memperhatikan posisi perut ibu dengan jarak setir kendaraan agar aman saat ada benturan terjadi.

“Kalau misalkan jarak dari dada sampai setir 25 sentimeter, kan perutnya panjang, cukup gak dia? Nyampe gak tangannya. Kalau tangannya masih panjang dan nyampe itu oke berarti bisa di posisikan 110 derajat,” tuturnya.

4. Gunakan sabuk pengaman di bawah perut

5 Tips Berkendara Mobil Bagi Perempuan Hamil etags.com

Selain itu, tidak ada masalah juga bagi perempuan hamil untuk menggunakan sabuk pengaman atau safety belt saat berkendara.

“Safety belt itu kan sudah didesain untuk benar-benar lentur banget, tetap pakai safety belt dan diposisikan di bawah perut,” paparnya.

5. Usahakan berkendara tidak lebih dari 2 jam

5 Tips Berkendara Mobil Bagi Perempuan Hamil safekidsclarkcounty.org

Meskipun diperboleh berkendara mobil, namun perempuan yang sedang hamil juga harus membatasi waktu menyetirnya. Karena, kabin mobil kebanyakan memang didesain bukan spesifik untuk perempuan yang sedang mengandung dengan tingkat kenyamanan tinggi.

“Nyetir boleh tapi kita tidak sarankan berkendara jarak jauh dan biasanya kalau dalam kota tidak lebih dari 2 jam, 1 jam sudah maksimal karena demi menjaga ibunya dan janinnya,” pungkasnya.