5 Tips Kelola Keuangan Biar Tetap Bisa Nabung Meski Gaji Pas-pasan

Berapa kali dalam sebulan kamu belanja online? Seberapa sering kamu hangout untuk sekadar minum kopi dan makan bareng temen-temen? Hidup di era digital memang memiliki banyak godaan. Sedang browsing malah ada iklan online shop masuk, sedang tidak ingin jajan tapi malah ada tawaran cashback.

Kalau kamu termasuk ke dalam kelas menengah Indonesia yang memiliki banyak kebutuhan dan keinginan, tetapi penghasilan terbatas. Kebiasaan untuk tidak menyisihkan uang di awal gajian akan berakibat uang tidak lagi bersisa di akhir bulan. Di era komsumtif ini, lalu bagaimana cara agar tetap bisa menjaga keuangan yang sehat? Ini dia nih tips kelola keuangan agar tetap bisa menabung meski gajimu terbatas, check this out guys!

1. Pastikan pengeluaran tidak lebih besar dari penghasilan

5 Tips Kelola Keuangan Biar Tetap Bisa Nabung Meski Gaji Pas-pasanunsplash.com/@craftedbygc

Kelola kembali daftar kebutuhan dan belanja lainnya dalam kurun waktu sebulan. Coba cek apakah totalnya tidak melebihi dari pendapatan kamu, atau justru sebaliknya? Jika ternyata itu melebihi pendapatan kamu, lebih baik kamu mulai memotong anggaran kebutuhan atau keinginan yang tidak terlalu penting, seperti belanja pakaian misalnya.

2. Pastikan utang cicilan maksimal 30% dari gaji

5 Tips Kelola Keuangan Biar Tetap Bisa Nabung Meski Gaji Pas-pasanunsplash.com/@alexandermils

Kalau kamu punya kewajiban membayar cicilan setiap bulannya, pastikan barang yang kamu cicil adalah barang yang memiliki nilai investasi. Selain itu, jangan mengambil cicilan barang yang setiap bulannya harus kamu bayar lebih dari tiga puluh persen dari gaji yang diterima.

3. Punya dana darurat minimal sebesar tiga kali pengeluaran bulanan

5 Tips Kelola Keuangan Biar Tetap Bisa Nabung Meski Gaji Pas-pasanunsplash.com/@f7photo

Kalau kamu setiap bulannya mendapatkan gaji sekitar lima juta dan pengeluaran bulanan kamu sekitar tiga juta dalam sebulan, pastikan untuk menyisihkan uang sekitar sembilan juta setiap tahunnya. Dana darurat ini di luar tabungan yang biasa kamu anggarkan ya, dan kamu bisa menggunakannya untuk keperluan yang memang mendesak misalnya untuk biaya rumah sakit dan perbaikan lainnya.

4. Miliki tabungan dan investasi masa depan

5 Tips Kelola Keuangan Biar Tetap Bisa Nabung Meski Gaji Pas-pasanpixabay.com/rawpixel

Selain dana darurat, kamu harus rutin menabung setiap bulannya minimal lima belas persen dari total gaji atau pendapatanmu. Jika kamu masih memiliki sisa uang, lebih baik gunakan uang tersebut untuk investasi masa depan, misalnya dengan membeli tanah atau perhiasan. Kamu juga bisa coba berinvestasi di reksadana lho.

5. Jajan maksimal 10% dari gaji

5 Tips Kelola Keuangan Biar Tetap Bisa Nabung Meski Gaji Pas-pasanunsplash.com/@dylu

Sebagai reward atas kerja kerasmu dalam bekerja selama satu bulan, kamu juga boleh memenuhi keinginanmu guys. Tapi ingat, jangan kalap! Maksimal jatah jajan yang kamu keluarkan tidak boleh lebih dari sepuluh persen dari gaji ya. Ingat juga untuk tidak menghabiskan anggaran jajan kamu dalam satu hari, pastikan itu cukup dalam satu bulan ke depan setelah kamu gajian lagi. Atau setidaknya tiga minggu ke depan, sehingga kamu hanya perlu menahan satu minggu untuk mendapatkan jatah jajanmu kembali.

So guys, itu tadi beberapa tips agar keuanganmu tetap sehat dan kamu bisa menabung meski gaji pas-pasan. Semoga bermanfaat ya!