5 Tips Mengendalikan Diri Agar Kamu Gak Jadi Maniak Belanja

Belanja tentu menjadi kebahagiaan tersendiri buat para wanita, apalagi bagi para wanita karir yang baru saja menerima gaji bulanan. Berangkat ke pusat perbelanjaan dan membeli sejumlah barang seolah menjadi keharusan setelah gajian.

Tapi hati-hati nih, kamu bisa-bisa jadi maniak belanja kalau gak bisa mengendalikan diri. Terkadang keinginan belanja berlebihan menyerang kaum hawa karena beberapa faktor, seperti pengaruh dari teman, tergiur diskon belanja, atau karena lapar mata saat jalan-jalan ke mall atau ke sebuah pameran.

Biar kamu bisa menghemat uangmu, maka kamu perlu belanja sesuai dengan skala prioritas, apalagi bagi kamu yang punya uang bulanan pas-pasan. Belilah barang yang sangat diperlukan, jangan sampai uangmu habis hanya untuk membeli barang yang ujungnya malah gak terpakai. Nah, berikut ini 5 tips mengendalikan diri agar kamu gak jadi maniak belanja.

1. Prioritaskan uangmu untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari dulu

5 Tips Mengendalikan Diri Agar Kamu Gak Jadi Maniak BelanjaUnsplash/Clark Street Mercantile

Ini penting untuk dilakukan saat kamu berbelanja kebutuhan sehari-hari. Prioritaskan uang yang kamu bawa untuk memberi berbagai kebutuhan harianmu seperti kebutuhan sembako, kebutuhan mandi, dan kebutuhan lainnya yang sehari-hari kamu gunakan. Saat berbelanja ke mall misalnya, perempuan kerap doyan cuci mata dengan melihat barang-barang lain seperti baju atau pernak-pernik lainnya.

Nah, kalau gak kuat tahan godaan, kadang baju yang tadinya tidak masuk daftar belanjaan malah jadi kamu beli. Uangmu pun jadi berkurang. Padahal kamu masih punya baju yang masih bisa kamu pakai.

2. Kalau pun kamu ingin beli barang yang baru, belilah barang yang akan selalu kamu pakai setiap hari

5 Tips Mengendalikan Diri Agar Kamu Gak Jadi Maniak BelanjaUnsplash/Victor Xok

Dalam berbelanja, kadang kita tergiur untuk membeli barang-barang baru. Namun biar gak mubazir, ada baiknya kamu membeli barang yang benar-benar akan kamu gunakan setiap hari. Contohnya, membeli sepatu atau tas ransel yang bisa kamu gunakan setiap hari baik untuk kegiatan kuliah atau bekerja.

Hindari membeli barang baru yang jarang kamu pakai, misalnya  koper. Jangan sampai karena model  koper yang kamu lihat itu unik, kamu jadi spontan ingin membelinya. Padahal kamu masih punya koper lama dan masih layak pakai.

Baca Juga: Bisa Hasilkan Uang, Begini Olah Sampah Kantong Plastik Setelah Belanja

3. Sebelum belanja, usahakan untuk riset terlebih dahulu barang yang ingin dibeli, agar barang yang kamu beli gak percuma

5 Tips Mengendalikan Diri Agar Kamu Gak Jadi Maniak BelanjaUnsplash/Glenn Carstens-Peters

Agar uang belanjamu gak terbuang percuma karena nafsu belanja yang tinggi, ada baiknya kamu lakukan riset sederhana sebelum ke pusat perbelanjaan untuk membeli sesuatu. Riset bisa dilakukan dengan bertanya langsung pada situs pencarian Google.

Jika kamu tergoda berbelanja suatu barang, cari tahu dulu kegunaan dan manfaat barang itu sebelum kamu beli. Jangan sampai setelah dibeli malah nyesal karena barang tak bisa digunakan. Uangmu jadi habis hanya untuk membeli barang yang gak memberi manfaat buatmu.

4.Meskipun ada diskon, jangan langsung tergiur membeli barang

5 Tips Mengendalikan Diri Agar Kamu Gak Jadi Maniak BelanjaUnsplash/Artem Bali

Diskon harga kerap menjadi momen paling dicari perempuan saat belanja. Harga diskon membuat orang banyak terkecoh untuk membeli banyak barang. Tapi tahan dulu ya, jangan keluarkan uangmu untuk membeli barang meskipun diskonnya besar.

Lihat lagi manfaat barang tersebut, cek lagi barang-barang lama milikmu apakah harus diganti atau masih layak dipakai. Lebih baik manfaatkan momen diskon untuk mencari barang yang sudah kamu incar sejak lama karena harganya mahal, dengan begitu kamu bisa dapat harga miring untuk membeli barang yang kamu mau itu.

Hindari membeli barang yang sudah kamu miliki dan masih dalam kondisi baik. Contohnya jika kamu punya 5 pasang sepatu yang bisa kamu gonta-ganti, harusnya kamu gak perlu lagi beli sepatu baru, apalagi jika kondisinya masih mulus. lebih baik puasa untuk ikut tren gaya sepatu hanya karena gak kuat lihat diskon. Alokasikan uangmu untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

5.Jangan terkecoh dengan belanja yang bisa dicicil, ujungnya kamu malah kerepotan sendiri

5 Tips Mengendalikan Diri Agar Kamu Gak Jadi Maniak BelanjaPixabay.com/TheDigitalWay

Ini dia, belanja dengan cara mencicil atau kredit sudah bukan barang baru lagi saat ini. Kamu yang punya uang pas-pasan masih bisa belanja banyak, asal mampu untuk memenuhi cicilan. Tapi tunggu dulu, lebih baik kamu tahan niat untuk berbelanja dengan sistem kredit atau cicil.

Meski kelihatan murah, tapi yakinlah belanja dengan cara mencicil tetap menyisakan utang yang harus kamu bayar ke si penjual. Lebih baik belanja dengan uang tunai atau cash, kamu jadi gak pusing lagi mikirin cicilan yang belum lunas. Jangan sulap dirimu menuruti nafsu belanja sampai harus rela mencicil ya.

Demikianlah 5 tips mengendalikan diri biar gak maniak belanja. Meski belanja itu menggiurkan, namun bijaklah dalam melakukannya. Pilah dan buat skala prioritas terkait barang yang ingin dibeli. Dengan begitu, pemanfaatan uangmu pun jadi lebih maksimal.