5 tips sederhana agar bugar dan prima selama bulan Ramadan

Di bulan Ramadan, seluruh umat Muslim menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh. Di awal Ramadan, beberapa orang yang belum terbiasa mungkin akan lemas.

Namun, ada beberapa tips sederhana agar tetap bisa prima berpuasa sambil beraktivitas sejak awal hingga Lebaran tiba. Dilansir dari berbagai sumber, cukup lakukan beberapa tips berikut yang akan membuat tubuh tetap prima selama bulan ramadan.

Jangan abaikan sahur

Sahur sangat penting agar tubuh Anda mendapatkan energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Sahur juga penting untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas selama Anda berpuasa sepanjang hari di bulan ramadan.

Menu sahur yang sehat sebaiknya mengandung protein dan serat sehingga mampu membuat perut tetap kenyang sampai lama. Protein didapat dari daging rendah lemak, telur, kacang dan susu. Sementara serat didapat dari buah dan sayuran. Hindari menu sahur berupa goreng-gorengan, kuah bersantan, dan makanan berlemak.

Jangan tidur setelah Salat Subuh

Udara segar di pagi hari sangat baik bagi tubuh Anda. Keluarlah dari rumah Anda dan hirup udara dalam-dalam untuk mendapatkan asupan oksigen ke seluruh tubuh dan otak.
Cahaya matahari sangat kaya akan Vitamin D yang bisa memperkuat tulang. Manfaat lain adalah untuk merangsang pelepasan hormone endorfin yang bisa meningkatkan mood baik.

Menjaga kesegaran dan kebersihan mulut

Jangan remehkan menggosok gigi saat berpuasa. Sisa-sisa makanan akan menempel di sela-sela gigi dan menjadi plak jika tidak dibersihkan. Menggosok gigi akan membuat gigi Anda terlihat putih dan bersih, mengatasi bau mulut dan membuat Anda lebih percaya diri. Tambahkan obat kumur bila diperlukan.

Tetap berolahraga

Berpuasa bukan halangan untuk tetap beraktivitas fisik, bahkan latihan fisik akan mampu meningkatkan kebugaran, membakar kalori, menurunkan tekanan darah, serta membuat mood Anda naik dan bersemangat.

Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup dengan berjalan kaki dengan langkah teratur minimal 30 menit sebanyak tiga hingga lima kali dalam seminggu.

Istirahat cukup

Selama bulan Ramadan, umat Muslim berlomba-lomba melakukan banyak ibadah. Namun sesibuk apapun Anda, jangan abaikan kondisi tubuh. Pertahankan waktu tidur minimal enam jam sehari agar tubuh Anda tidak kelelahan. Tubuh yang kelelahan bisa menurunkan imunitas tubuh dan mengganggu metabolisme tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *