6 Kebun bunga matahari paling Instagram-able di Indonesia

Serba berita – Kebun bunga termasuk salah satu spot Instagram-able yang jadi favorit kawula muda saat ini. Lihat saja kebun bunga amarilis di Gunung Kidul, Yogyakarta yang sempat menghebohkan dunia maya beberapa waktu lalu. Atau ladang bunga gumitir di Bali yang selalu laris manis sebagai tempat foto pre-wedding.

Melihat potensi wisata kebun bunga di era milenial ini, tak heran jika para petani dan pemilik lahan mencoba memanfaatkan peluang. Kini kebun bunga matahari yang dijadikan spot wisata Instagram-able. Mulai dari kebun bunga matahari di Bantul, Kediri, Magelang, Batu, hingga Kulon Progo. Semuanya diburu para pecinta selfie dan travelling.

Ingin menjajal wisata di kebun bunga matahari juga? Tak perlu jauh-jauh ke Saraburi, Thailand. Berikut ini kami tampilkan beberapa di antaranya yang bisa dikunjungi di daerah sekitarmu.

1. Kebun bunga matahari Bantul, Yogyakarta

Kebun bunga matahari ini termasuk yang paling hits saat ini. Baru viral sejak pertengahan tahun lalu. Lokasinya berada di bagian utara pantai Samas, Dusun Tegalsari, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Kebun bunga dimiliki dan dikelola oleh warga lokal yang berprofesi sebagai petani. Awalnya lahan digunakan untuk menanam cabai, tetapi diubah menjadi ladang bunga karena perawatannya relatif lebih mudah dan cukup menguntungkan dari sisi pariwisata.

Untuk memasuki kebun ini, pengunjung hanya ditarik biaya Rp 5.000,- per orang. Pengunjung juga bisa memetik bunga matahari untuk dibawa pulang. Tetapi sebaiknya atas seizin pengawas kebun agar tidak sampai merusak tanaman. Satu batang dikenakan biaya Rp 10.000,-.

2. Kebun bunga matahari Kediri, Jawa Timur

Kebun bunga matahari yang satu ini berlokasi di Jalan Selomangleng 143, Kediri. Bersebelahan dengan gedung BNN Kediri. Kebun bunga dikelola langsung oleh pemerintah kota.

Saat ini objek wisata masih belum dikomersilkan. Pengunjung hanya diminta untuk membayar retribusi saja.

Keunikan kebun ini adalah adanya tiga spesies bunga matahari yang dibudidayakan di sana, yaitu big smile, early russian, dan sunspot.

Awalnya kebun bunga dibuat hanya untuk memanfaatkan lahan kosong. Tetapi sekarang justru menjadi salah satu objek wisata kekinian yang diminati ratusan pengunjung setiap minggunya.

3. Kebun bunga matahari Peternakan Kuda Megastar Batu, Jawa Timur

Kalau kamu sedang mencari objek wisata outdoor di kawasan Jalibar, Batu, Megastar merupakan salah satu tempat yang layak dikunjungi.

Sebenarnya ini adalah peternakan kuda, namun merangkap sebagai tempat wisata pula. Salah satu daya tarik wisata di sini adalah taman bunga matahari yang cantik untuk diabadikan dalam foto.

Biaya masuk ke Megastar memang lebih mahal daripada kebun bunga matahari lainnya, yaitu Rp 25.000,-. Tetapi pengunjung bisa berwisata sepuasnya di peternakan dan taman bunga. Jika ingin mencoba menunggang salah satu kuda yang ada di sana, wisatawan bakal dikenakan biaya tambahan.

4. Kebun bunga matahari Beejay Bakau Resort Probolinggo, Jawa Timur

Sebenarnya kebun bunga matahari dalam gambar di atas cuma salah satu wahana ekowisata di Beejay Bakau Resort. Lebih dikenal karena wisata hutan bakaunya. Tetapi tempat ini juga memiliki pantai, wahana permainan air, flying fox, dan wisata taman bunga.

Biaya masuk area Beejay Bakau Resort hanya Rp 15.000,- per orang. Pilihan atraksi wisata pun beragam untuk harga sekian. Tetapi saat hari libur tarifnya naik hingga dua kali lipat. Jadi lebih hemat kalau kamu mengunjunginya pada hari biasa.

5. Kebun bunga matahari Pantai Glagah Kulon Progo, Yogyakarta

Satu lagi kebun bunga matahari di Yogyakarta yang sedang viral di dunia maya. Adalah kebun bunga di kawasan Pantai Glagah yang menawarkan spot foto cantik berlatar bebungaan, laut, dan gunung.

Kebun bunga yang dikelola petani lokal ini berlokasi di Pedukuhan Glagah, Kecamatan Temon, Yogyakarta. Biaya masuknya hanya Rp 5.000,- untuk satu orang.

Disediakan pula beberapa spot foto dengan properti unik agar foto yang diabadikan para pengunjung semakin apik.

6. Taman Dewari Magelang, Jawa Tengah

Sekitar 10 kilometer dari Candi Borobudur ada sebuah objek wisata baru yang layak dikunjungi. Adalah kebun bunga matahari yang baru dibuka sejak bulan Februari 2018 ini.

Taman Dewari terletak di Dusun Kradenan Kalikuning, Desa Baturono, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tadinya lahan digunakan untuk bertanam cabai, namun segera diubah menjadi kebun bunga oleh sang pemilik karena melihat potensi wisatanya.

Kebun bunga menempati lahan seluas 2.800 meter persegi. Ada sekitar 8.000 pohon bunga yang ditanam di sana. Jadi pengunjung bisa menemukan banyak titik untuk berfoto.

Biaya masuk ke kebun bunga ini hanya Rp 5.000,- saja. Tetapi pengunjung bakal dikenakan denda sebesar Rp 40.000 jika sampai merusak tanaman yang ada di sana.

Itulah beberapa kebun bunga matahari cantik yang bisa kita kunjungi di tanah air. Jika kamu berniat menyambangi salah satunya, jadilah pelancong yang bertanggungjawab. Jangan memetik bunga sembarangan karena batang bunga matahari mudah busuk jika tidak dipanen dengan benar. Selamat berwisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *