7 Cara turunkan berat badan ini justru bisa mengancam nyawamu!

Serbaberita.com – Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh langsing semampai? Semua orang, baik pria maupun wanita tentu mendambakannya.

Bagi yang pernah menjalani program pengurusan berat badan pasti setuju bahwa proses yang harus dijalani berlangsung tidak dalam waktu yang singkat. Nah, banyak orang yang tidak sabaran dengan hal tersebut namun mengharapkan berat badan turun secara drastis. Hal inilah yang kemudian memunculkan beberapa trik penurunan berat badan yang bisa membahayakan kesehatan hingga nyawa.

Dilansir dari thehealthsite.com, berikut adalah beberapa contohnya.

1. Muntah

Serbaberita.com – Makan dan kemudian dimuntahkan. Tentu kamu familiar dengan hal yang disebut dengan bulimia ini.

Ketika kamu melakukannya secara sering, maka kamu bisa mengalami kekurangan gizi yang diikuti dengan rusaknya gigi dan serangkaian gangguan kesehatan lain.

2. Merokok

Serbaberita.com – Banyak yang menganggap bahwa dengan merokok, maka berat badan bisa susut. Sebabnya nikotin pada rokok bekerja seperti penekan nafsu makan serta memadamkan rasa lapar. Namun tentu saja merokok bukanlah kebiasaan yang menyehatkan. Berat badan mungkin akan turun, namun penyakit juga mulai berdatangan.

3. Konsumsi obat pencahar

Serbaberita.com – Mengonsumsi obat ini memiliki tujuan agar makanan melewati sistem pencernaan dengan lebih cepat. Dengan begitu tidak akan terjadi penyerapan kalori.

Terlalu banyak mengonsumsi obat pencahar bisa menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit, kerusakan usus besar, hingga alergi.

4. Hanya konsumsi grapefruit

Serbaberita.com – Sejak tahun 1930-an, grapefruit dikenal sebagai buah yang ampuh untuk menurunkan berat badan.

Sayangnya, demi mengharapkan hasil instan dalam menurunkan berat badan, akhirnya banyak orang yang hanya mengonsumsi grapefruit untuk menurunkan berat badan. Meskipun buah ini mengandung nutrisi mikronutrien, namun buah ini tidak mengandung makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Konsumsi kapas yang direndam di jus

Serbaberita.com – Mengonsumsi kapas yang sebelumnya direndam di dalam jus memang terdengar aneh. Namun percaya atau tidak, ada orang yang mencelupkan kapas ke dalam jus jeruk dan kemudian memakannya dengan tujuan untuk menimbulkan rasa kenyang dan menekan nafsu makan.

Well, tak perlu ilmu pengetahuan yang canggih untuk membuktikan bahwa kebiasaan ini bisa berdampak buruk pada kesehatan usus karena tubuh manusia tak bisa mencerna kapas.

6. Tidak sarapan

Serbaberita.com – Apakah kamu termasuk orang yang sering melewatkan sarapan entah karena belum lapar atau sengaja untuk menguruskan berat badan? Jika ya, maka sebaiknya hentikan kebiasaan ini.

Meskipun kebiasaan ini memang bisa menguruskan berat badan, namun jarang sarapan akan menyebabkan masalah kardiovaskular yang berbahaya seperti pengerasan pembuluh darah, resistensi insulin, diabetes tipe 2, dan bahkan penambahan berat badan.

7. Mengulum es batu

Serbaberita.com – Beberapa orang yang melakukannya berpikiran bahwa kebiasaan ini sangat bagus untuk menipu perut agar terasa kenyang setiap kali kamu merasa lapar. Memang benar bahwa es berbentuk padat. Namun ketika masuk ke dalam perut maka akan mencair dan berubah menjadi air biasa.

Es hanya bisa menghidrasi tubuh namun tidak menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Itulah beberapa trik yang bisa menurunkan berat badan namun berbahaya. Jika kamu masih melakukannya, segera hentikan agar tak membahayakan tubuhmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *