7 Fakta Penting Memakai Kaos Kaki, Efektif untuk Mencegah Bau Kaki!

Pernahkah kamu berpikir, kenapa kamu harus pakai kaos kaki? Apakah hanya sebagai pelengkap ketika memakai sepatu? Ternyata kaos kaki punya manfaat penting untuk kesehatan kakimu, lho. Kok bisa? Berikut fakta-fakta menarik seputar kaos kaki.

1. Ternyata, kaki menghasilkan bau lho

7 Fakta Penting Memakai Kaos Kaki, Efektif untuk Mencegah Bau Kaki!rawpixel.com/380255

Gak hanya ketiak, kaki juga bisa berbau. Itu karena kaki juga berkeringat karena aktivitasmu, baik berjalan maupun berlari. Saat berkeringat, bakteri akan memakan minyak dan sel kulit mati di kaki. Bakteri inilah yang nantinya akan membentuk asam organik yang menghasilkan bau gak sedap.

2. Ada beragam bakteri yang bisa menempel di kaki

7 Fakta Penting Memakai Kaos Kaki, Efektif untuk Mencegah Bau Kaki!biotechnologyfocus.ca

Biasanya, bakteri yang menempel di kaki adalah brevibacteria yang menghasilkan bau belerang. Berikutnya, ada propionibacteria yang menghasilkan asam propionat yang memiliki bau seperti cuka. Terakhir, ada staphylococcus epidermidis yang membuat kakimu berbau apak.

3. Memakai kaos kaki sangat efektif agar kakimu gak bau

7 Fakta Penting Memakai Kaos Kaki, Efektif untuk Mencegah Bau Kaki!instagram.com/errasd15

Kaos kaki sangat efektif karena bisa menyerap keringat, namun usahakan kakimu masih tetap bisa bernapas. Untuk itu pilihlah kaos kaki dengan bahan katun atau wol.

4. Namun, hindari kaos kaki berbahan nilon, poliester, dan akrilik

7 Fakta Penting Memakai Kaos Kaki, Efektif untuk Mencegah Bau Kaki!Instagram.com/gusper.nandes

Bahan kaos kaki tersebut gak mampu menyerap keringat dengan baik. Dengan begitu, kakimu akan mudah lembap dan berbau. Oleh karena itu, cek dulu bahan kaos kaki sebelum membeli, ya.

5. Gantilah kaos kakimu setiap hari

7 Fakta Penting Memakai Kaos Kaki, Efektif untuk Mencegah Bau Kaki!Youtube.com/Kiran The Knitter

Kaos kaki memang efektif menangkal bau. Meski begitu, kamu harus rajin menggantinya, ya. Jangan melulu pakai kaos kaki yang itu-itu saja, ya. Kamu hanya akan menumpuk keringat dan bakteri. Yuk, ganti kaos kakimu tiap hari!

6. Jangan lupa untuk membalik kaos kaki saat mencuci dan keringkan di bawah terik matahari

7 Fakta Penting Memakai Kaos Kaki, Efektif untuk Mencegah Bau Kaki!laudablebits.com

Cara efektif untuk membersihkan kaos kaki dengan membalikkannya. Kucek sampai bersih dan keringkan di bawah sinar matahari. Setelah kering, simpan di tempat sejuk dan kering. Gak hanya kaos kaki, sepatu juga perlu rutin dicuci, ya.

7. Jangan memakai kaos kaki atau sepatu basah

7 Fakta Penting Memakai Kaos Kaki, Efektif untuk Mencegah Bau Kaki!Unsplash.com/matiasdbn

Hayo, siapa yang suka pakai kaos kaki atau sepatu basah? Hal ini hanya akan membuat kakimu mudah lembap dan berbau. Selain memastikan keduanya kering, kamu pun perlu memastikan kakimu kering juga. Jangan lupa keringkan kakimu dengan handuk sebelum memakai kaos kaki dan sepatu, ya.

Sementara, jika kakimu terus-menerus mengeluarkan bau, padahal sudah benar memakai kaos kaki, jangan sungkan berkonsultasi ke dokter, ya. Siapa tahu itu karena produksi keringatmu yang berlebihan.