7 Gelas Kopi Sehari Dapat Memperpanjang Umur, Benarkah?

KULINER – Tak lengkap menjalani hari tanpa kopi bagi para pecintanya. Namun terlalu banyak kopi konon tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Sebenarnya manfaat kesehatan kopi masih diperdebatkan hingga kini. Namun sebuah penelitian terbaru membawa kabar baik bagi para pecinta kopi.

Menurut laporan peneliti dari National Cancer Institute dan National Institutes of Health menemukan bahwa minum kopi dapat dikaitkan dengan risiko kematian dini yang lebih rendah.

Laporan tersebut juga mengatakan minum hingga tujuh cangkir kopi sehari dapat menurunkan tingkat kematian hingga 16 persen, seperti mengutip dari Independent, Sabtu (7/7/2018). Padahal Badan Standard Makanan Inggris hanya merekomendasikan setengah dosis kafein dari tujuh cangkir tersebut.

1 dari 3 halaman

Perbandingan minum kopi dengan tingkat kematian dini

Studi ini menemukan bahwa orang yang minum delapan cangkir atau lebih per hari mengalami tingkat kematian yang berkurang sebanyak 14 persen. Sementara presentase ini meningkat menjadi 16 persen jika seseorang minum enam hingga tujuh cangkir.

Dua hingga lima cangkir mengurangi tingkat kematian dini sebesar 12 persen. Sementara satu cangkir atau kurang per hari justru hanya mengalami pengurangan tingkat kematian dini sebanyak enam hingga delapan persen.

“Minum kopi berbanding terbalik dengan kematian, termasuk di antara mereka yang minum delapan cangkir atau lebih per hari dan mereka dengan polimorfisme genetik yang menunjukkan metabolisme kafein lebih cepat atau lebih lambat,” menurut studi tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat kopi

Temuan ini menunjukkan pentingnya konstituen non kafein dalam mortalitas kopi dan memberi kepastian lebih lanjut bahwa minum kopi bisa menjadi bagian dari diet sehat. Laporan ini mengikuti penelitian terbaru yang diterbitkan dalam PLOS Biology yang menghubungkan konsumsi kafein dan peningkatkan denyut jantung.

Para peneliti dari Heinrich-Heine-University dan the IUF-Leibniz Research Institute for Environmental Medicine di Düsseldorf, Jerman mengungkapkan mengonsumsi kopi empat cangkir sehari dapat melindungi sel-sel kardiovaskular dari kerusakan dan bahkan memperbaikinya. Dengan demikian, minum kopi atau minuman berkafein lainnya bisa dikatakan bermanfaat bagi orang yang mengalami masalah jantung.