7 Tempat ibadah paling menakjubkan yang dibangun di atas awan

Ribuan tahun lalu, situs keagamaan atau tempat yang digunakan untuk ritual mistis biasanya dibangun di tanah yang tinggi. Biasanya tempat yang dipilih adalah pegunungan, karena tempat seperti itu dianggap paling dekat dengan tempat bersemayamnya para dewa.

Saat ini, demi alasan kepraktisan dan aksesibilitas sudah tak banyak lagi situs religi yang dibangun di atas gunung. Namun masih ada beberapa bangunan kuil, biara, atau gereja kuno di atas gunung yang masih bertahan hingga saat ini. Beberapa lagi sengaja dibangun di era modern dan menjadi daya tarik wisata bagi para traveler maupun peziarah.

Karena letaknya di puncak gunung atau bukit, tempat-tempat ibadah ini lantas tampak mengambang di atas awan. Pemandangan seperti ini tentunya menambah rasa takjub bagi siapa saja yang berkunjung.

1. Meteora

Meteora adalah sebentuk formasi batuan yang ada di Yunani. Tepatnya di tepi barat laut Dataran Thessalia, berdekatan dengan Kalambaka, Sungai Pineios, dan Pegunungan Pindus. Tebing menjulang serupa pilar ini merupakan tempat berdirinya salah satu kompleks biara Ortodoks Timur terpenting di negeri para dewa Olympus.

Dilansir Amusing Planet, kata Meteora berkaitan dengan meteor, berasal dari bahasa Yunani yang berarti ‘tergantung di udara’ atau ‘di atas langit’. Keenam biara yang berdiri di atasnya merupakan sebuah keindahan arsitektur yang menakjubkan untuk dipandang. Karena itulah situs tersebut sengaja dilestarikan dengan memasukkannya di dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

2. Kuil Tao Gunung Tayun

Kuil Tao yang berada di Gunung Tayun termasuk salah satu situs religi paling terpencil sekaligus paling menakjubkan. Kuil mungil ini berdiri di atas lahan seluas 6 meter persegi di puncak tebing setinggi 1.664 meter.

Kuil Tao Gunung Tayun merupakan salah satu situs penting bagi aliran Taoisme. Letaknya di Chaiping, Provinsi Shaanxi dan sudah berdiri sejak tahun 1500-an.

Tayun diambil dari kata ta dan yun yang berarti pagoda awan. Pasalnya tempat ini memang tampak seperti berdiri di atas awan.

3. Kuil Siwa Tungnath

Tungnath adalah kuil Siwa tertinggi di dunia dan merupakan yang tertinggi dari lima kuil di Panch Kedar. Letaknya di pegunungan Tunganath, Distrik Rudraprayag, negara bagian Uttarakhand, India.

Tunganath yang berarti raja seluruh puncak gunung adalah pegunungan yang membentuk lembah sungai Mandakini dan Alaknanda. Terletak di ketinggian 3.680 meter dan tepat di bawah puncak Chandrashila.

Kuil ini diyakini berumur 5000 tahun dan menempati posisi ketiga dalam urutan kekuasaan di Panch Kedar. Kuil ini juga disebutkan dalam legenda Pandawa yang diceritakan di epos Mahabharata.