8 Hal sederhana yang bisa menghambat terjadinya kehamilan, apa saja?

Serbaberita.com Bagi beberapa wanita, kehamilan adalah hal yang begitu dinanti. Well, ketika kamu dan suami sudah sepakat untuk memiliki seorang anak, tentu kamu harus menghindarkan diri dari hal-hal yang bisa membuat kehamilan tertunda.

Seperti dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah beberapa hal sederhana yang tak kamu sadari bisa menghambat terjadinya kehamilan.

Pelumas
Pelumas merupakan alat bantu seksual yang jamak digunakan untuk membasahi vagina. Namun penggunaan pelumas ini bisa menjadi ide yang buruk bagi kamu yang sedang merencanakan kehamilan. Penelitian menunjukkan bahwa pelumas ini bisa mematikan sperma yang masuk ke dalam vagina.

Kafein
Mengonsumsi kafein secara berlebihan juga dapat menghambat keinginan untuk segera hamil. Jika kamu ingin segera hamil, idealnya kamu tidak diperbolehkan mengonsumsi kafein lebih dari 200 mg kafein per hari.

Alkohol
Tahukah kamu bahwa minum sejumlah kecil alkohol dapat menghambat peluang untuk hamil? Sebab alkohol mampu mempengaruhi kesehatan janin dan meningkatkan risiko keguguran.

Rokok
Tidak hanya wanita, pria pun memberikan peran yang besar untuk kesuksesan program kehamilan. Oleh karena itu sebaiknya pria menghindari rokok sebab merokok akan menurunkan jumlah sperma seorang pria.

Ikan tinggi merkuri
Merkuri yang ada di dalam ikan dapat mengendap di dalam tubuh dan bisa mempengaruhi kesehatan reproduksi. Sehingga hindari mengonsumsi ikan tinggi merkuri seperti ikan mackerel.

Bahan kimia
Bahan kimia yang ada di dalam deterjen ataupun pembersih juga bisa membahayakan kesehatan reproduksi. Akibatnya kemungkinan untuk hamil pun mengecil. Sebab bahan kimia ini mudah diserap dalam kulit dan dapat memiliki efek toksik pada kesuburan.

Obat tertentu
Jika kamu sedang sakit, sebaiknya konsultasikan dengan dokter tentang obat-obatan apakah yang kamu konsumsi. Terkadang kandungan bahan kimia tertentu di dalam obat bisa menghambat keinginan kamu untuk hamil.

Mandi dengan air panas
Suhu panas yang ekstrim mampu mempengaruhi kualitas sperma. Salah satunya adalah suhu panas dari hot shower atau hot tub.

Itulah hal-hal yang harus kamu hindari jika kamu ingin segera hamil. Selain itu pastikan kamu selalu mengonsumsi makanan sehat yang mampu mendukung kesuburan. [feb]

You may also like...