8 Makanan terburuk yang ‘haram’ kamu santap sebelum tidur

Serbaberita.com Tahukah Anda bahwa jika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup justru akan membuat badan menjadi gemuk tak sehat? Lemak berlebih di bagian perut Anda bisa jadi disebabkan oleh tidak terpenuhinya tidur sehat alias kualitas tidur yang baik.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang tidak memiliki kualitas tidur baik alias kurang tidur justru akan mendorong pola makan padat kalori pada hari berikutnya. Inilah alasan mengapa orang yang jarang tidur justru makin gendut.

Untuk itu, Anda pun harus memiliki tidur yang berkualitas agar tubuh tetap terjaga. Salah satu cara agar dapat menjaga tidur adalah dengan memperhatikan pola makan, atau makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi sebelum tidur malam. Di sini, merdeka.com akan membuat daftar makanan yang tidak boleh Anda makan jelang tidur malam. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Kopi dan soda

Serbaberita.com – Kafein dapat merangsang sistem saraf pusat setelah Anda mengonsumsinya. Hal ini jelas akan membuat Anda tetap terjaga dan sulit untuk tidur. Sekalipun tidur, Anda tidak akan dapat merasakan tidur nyenyak. Sementara soda juga memiliki efek yang sama dengan kopi jika dikonsumsi sebelum tidur.

2. Cokelat

Serbaberita.com – Mengonsumsi cokelat setelah makan malam atau sebelum tidur sama sekali bukan ide yang bagus. Mengapa demikian?

Cokelat dapat meningkatkan gairah dan mencegah tubuh Anda dari rasa kantuk dan tidur sehat. Ini adalah salah satu makanan utama yang akan mempengaruhi kualitas tidur.

3. Alkohol

Serbaberita.com – Mengonsumsi alkohol justru akan menggagu siklus REM (Rapid Eye Movement) dan ini akan sangat serius mengganggu kualitas tidur Anda. Untuk itu, sebaiknya jauhi alkohol sebelum tidur atau pun setelah makan malam.

 

4. Makanan berlemak

Serbaberita.com- Makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kembung dan Anda bisa mengalami masalah yang berhubungan dengan pencernaa dalam sistem GI. Jelas, hal ini akan menggangu tidur malam Anda.

5. Sereal dengan gula tinggi

Merdeka.com – Makanan ini akan membuat kadar gula darah Anda melonjak naik dan crash. Hal tersebut mempengaruhi tidur Anda juga. Ini juga merupakan salah satu makanan yang tidak boleh Anda konsumsi sebelum tidur.

6. Makanan pedas

Serbaberita.com – Makanan pedas kadang-kadang bisa memicu ‘heartburn’ pada individu yang sensitif terhadap cabai rawit. hal ini dapat membuat Anda lebih terjaga dan juga mempengaruhi kualitas tidur Anda.

7. Makan malam tinggi protein

Serbaberita.com – Menu makan malam tinggi protein memberikan kontribusi untuk kurangnya trypyophan, asam amino yang bertanggung untuk memproduksi hormon menenangkan yang disebut serotin. Ini merupakan salah satu makanan utama yang akan mempengaruhi kualitas tidur Anda. Jauh-jauh, ya!

8. Pizza

Serbaberita.com – Kombinasi enaknya lemak dalam keju dan asam yang dibawa oleh saus tomat dapat memberikan dampak buruk pada kualitas tidur Anda. Seperti halnya yang terdapat pada makanan sejenis pizza. Ini akan memicu refluks asam dan bisa membuat Anda tetap terjaga sepanjang malam. Waduh!

You may also like...