9 Manfaat sehat saat kamu mengganti konsumsi nasi putih ke nasi cokelat

KESEHATANOrang Indonesia memiliki kebiasaan untuk makan nasi putih. Bahkan bisa dibilang bahwa orang Indonesia sulit untuk merasa kenyang jika tidak makan nasi putih.

Masalahnya nasi putih dikatakan memiliki kandungan gula dan zat tepung berlebih di dalamnya. Sehingga konsumsi nasi putih berlebih bisa meningkatkan risiko kegemukan hingga diabetes.

Lalu, bagaimana dengan kamu yang terlanjur doyan nasi namun tetap ingin sehat? Well, kamu bisa mengganti konsumsi dengan nasi cokelat dan dapatkan manfaat sehat berikut ini.

Mencegah diabetes
Bila tubuh tidak mampu menghasilkan cukup hormon insulin, maka kadar gula darah akan naik dan menyebabkan sejumlah gangguan, salah satunya adalah diabetes. Nasi cokelat sendiri kaya akan asam fitat dan serat. Kedua nutrisi ini diketahui dapat menurunkan kadar gula darah secara efektif sehingga diabetes bisa dicegah.

Mendukung detoksifikasi
Tubuh menerima racun setiap harinya dari berbagai macam makanan tidak sehat yang kamu konsumsi, polutan, dan kuman di lingkungan. Sehingga detoksifikasi tubuh haruslah rajin dilakukan. Dan nasi cokelat dapat mendukung proses ini karena tingginya zat antioksidan di dalamnya.

Mencegah penyakit jantung
Kandungan serat dan zat antioksidan di dalam nasi cokelat memiliki kemampuan untuk mengusir plak yang terakumulasi di arteri dan memastikan aliran darah jadi lancar sehingga penyakit jantung bisa dicegah.

Meningkatkan produksi ASI
Nasi cokelat diketahui dapat meningkatkan produksi ASI pada mereka yang sedang menyusui dengan cara merangsang kelenjar susu.

Mendukung kesehatan pencernaan
Bagi mereka yang sibuk, gangguan pencernaan seperti gastritis, kembung, naiknya asam lambung, dan konstipasi sangat biasa terjadi. Nah, agar kesehatan pencernaanmu tetap terjaga, perbanyak konsumsi nasi cokelat sebab kandungan bahan alami di dalamnya bisa meningkatkan produksi cairan di sistem pencernaan yang bermanfaat untuk mengobati semua masalah pencernaan.

Menurunkan kolesterol
Bila kadar kolesterol darah naik, maka aliran darah akan terganggu. Konsumsi nasi cokelat diketahui bisa mengurangi kadar kolesterol karena adanya kandungan asam gamma-aminobutyric (GABA)

Mencegah kanker
Seperti yang kamu tahu, kanker merupakan penyakit yang mematikan. Kabar baiknya, kamu bisa mencegah kanker dengan konsumsi nasi cokelat. Sebab zat antioksidan kuat pada nasi cokelat dapat membantu mencegah berkembang biaknya sel kanker.

Mengobati depresi
Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa nasi cokelat bermanfaat untuk mengobati depresi. Sebab, nasi merah mengandung asam amino esensial seperti glutamin, gliserin, dan GABA yang mampu meningkatkan produksi serotonin di otak untuk mengurangi gejala depresi dan masalah kecemasan.

Memperkuat tulang
Selain mengandung asam amino dan antioksidan, nasi cokelat juga mengandung mineral seperti magnesium dan kalsium untuk menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat. [feb]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *