Aturan makan agar kenyang tahan lama saat puasa

Di bulan Ramadan, seluruh umat Islam menunaikan ibadah puasa. Salah satu yang wajib ditahan adalah lapar dari fajar hingga terbenamnya matahari.

Buat yang sudah sering menjalankan puasa sunah, menjalankan puasa Ramadan tentunya tidak akan jadi masalah sama sekali. Tapi, bagi yang jarang puasa dan sering makan dengan porsi banyak juga sering, puasa Ramadan mungkin saja membuatnya kaget.

Beberapa orang mungkin akan merasa sangat lemas, mudah marah dan tidak nyaman serta kesusahan menahan diri dari rasa haus juga lapar yang ada. Buat kamu yang khawatir akan merasa mudah lapar saat berpuasa, mulai sekarang harus memperhatikan pola makan serta pola hidup.

Pilihlah makanan yang tepat dan membuat perut kenyang lebih lama. Hindari mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi karena ini akan membuat rasa laparmu berlipat ganda. Usahakan agar kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, serat dan vitamin agar kenyang tahan lama saat Ramadan.

Hardinsyah, Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia menyarankan agar kita mengonsumsi roti atau bubur nasi demi dapatkan asupan karbohidrat. “Kalau mau mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti beras merah atau roti gandum bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama,” ungkapnya.

Konsumsi sayur, buah dan minum air putih cukup tidak boleh terlewatkan saat berpuasa demi bisa kenyang lebih lama. Baik di waktu buka maupun sahur, buah dan sayur wajib dikonsumsi dengan porsi yang tepat (tidak kurang juga tidak berlebihan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *