Awas Ladies, Puting Payudara Sakit Bisa Disebabkan Oleh Infeksi

Pernah mengalami sakit di puting payudara? Puting payudara sakit merupakan hal yang sering dialami oleh wanita.

Adapun penyebab puting payudara sakit sendiri bisa bermacam-macam. Mulai dari adanya gesekan pada bra yang digunakan, rangsangan seksual yang terlalu kasar, alergi atau dermatis atopik, perubahan hormon hingga adanya infeksi.

Melansir dari lamanĀ prevention.com, infeksi pada puting payudara sendiri sering terjadi karena beberapa hal. Mulai dari adanya luka akibat gesekan, menggaruk puting karena gatal akibat alergi, atau bisa jadi iritasi akibat menyusui.

Mengenai infeksi ini, ini bisa berakibat fatal jika tidak segera diatasi atau diobati. Infeksi juga bisa semakin parah dan membuat luka di puting semakin mengkhawatirkan jika terus dibiarkan. Umumnya, adanya infeksi pada puting bisa dilihat dari rasa puting seperti terbakar, sakit dan tidak nyaman.

Puting yang mengalami infeksi tidak jarang akan berwarna merah muda atau warna kemerahan cerah. Puting juga akan bernanah, terdapat luka dan beberapa masalah lainnya. Jika mengalami kondisi ini, segera periksakan diri ke dokter.

Pengobatan dan perawatan yang dilakukan lebih cepat bisa membuat infeksi pada puting payudara bisa segera diatasi. Ini juga bisa mencegah datangnya risiko penyakit lain yang lebih berbahaya di puting maupun payudara.