Basarnas Padang bantu pencarian korban hilang KM Sinar Bangun

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Padang utus tiga rescuer (penyelamat) ke Sumatera Utara untuk melakukan pencarian terhadap korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba.

“Kami kirim tiga orang melalui jalur darat untuk membantu petugas atau insan kebencanaan di wilayah tersebut,” ucap Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Basarnas Padang,

Pria yang saat ini rangkap jabatan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Basarnas Padang tersebut tidak menampik akan mengirimkan personel tambahan jika dibutuhkan. Pihaknya masih menunggu arahan dari Basarnas pusat.

“Jika diminta bantuan maksimal, kami akan upayakan untuk mengerahkan personel tambahan dan peralatan pendukung, mengingat Sumbar adalah salah satu provinsi tetangga dari Sumut,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal serupa terjadi di Sumatera Barat, Ahmad Junir menyatakan akan melakukan pengawasan dan patroli bersama instansi terkait di perairan Sumbar.

“Tentu kita tidak ingin hal serupa terjadi di Sumbar, apalagi pada momen lebaran ini,” sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Kapal Motor (KM) Sinar Bangun yang berangkat dari kawasan Tiga Ras menuju Simanindo dikabarkan tenggalam di Danau Toba.

Hal tersebut disampaikan oleh Public Relationship (PR) Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat (Hubda) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, Pitra Setiawan.

“Kapal tersebut merupakan kapal komersial dan biasa membawa masyarakat yang bepergian di perairan Danau Toba.

Dugaan sementara kapal tersebut terbalik disaat cuaca sedang dilanda hujan deras,” tutur Pitra.