Bedanya Es Teler, Es Campur, dan Es Oyen yang Sekilas Tampak Sama

Indonesia punya ragam kuliner menyegarkan, seperti es cendol, es kelapa muda, es campur, es buah, dan lain-lain. Setiap daerah mempunyai ciri khasnya masing-masing, meskipun sekilas tampak mirip, seperti es oyen, es teler, dan es campur.

Selain semua tampak enak dan menyegarkan, kamu sudah tahu perbedaan di antara ketiganya, belum? Coba simak ulasan berikut ini ya!

1. Es teler

Bedanya Es Teler, Es Campur, dan Es Oyen yang Sekilas Tampak Sama

Salah satu ciri khas es teler adalah adanya potongan alpukat di dalamnya. Ada pula tambahan perpaduan kelapa muda, nangka, sirup, santan, gula cair, dan es serut atau es batu. Sekilas tampak sama dengan es buah, ya?

Bedanya, es teler zini lebih bervariasi, tak hanya diisi dengan buah saja. Es buah juga cenderung memadukan buah manis yang dipadukan dengan sirup dan susu.

Di beberapa daerah terutama di Jawa Barat, es teler kerap disebut dengan es doger. Keduanya sama-sama menggunakan santan, gula, kelapa muda, alpukat, dan susu. Bedanya hanya pada isiannya saja. Terkadang mereka menambahkan tape (peuyeum), ketan hitam, dan beberapa jenis buah lainnya.

Hmm, lalu apa bedanya es teler dengan es campur?

2. Es campur

Bedanya Es Teler, Es Campur, dan Es Oyen yang Sekilas Tampak SamaIDN Times/Reza Iqbal

 

Selain es buah dan es doger, es teler juga tak kalah mirip dengan es campur. Rasanya pun menyegarkan, bedanya es teler lebih encer dibandingkan es campur. Sesuai namanya, isian es campur lebih bervariasi lagi daripada es teler.

Banyak sekali bahan yang dipadukan di dalamnya. Di antaranya roti, blewah, rumput laut, mutiara, agar-agar, singkong, nangka, nanas, melon, cincau hitam, dan masih banyak lagi yang lainnya. Setiap daerah tentunya mempunyai variasi masing-masing. Misalnya seperti di Medan, es campur di sana menggunakan kacang merah, pacar China, dan biji delima.

Rasanya juga bervariasi, bisa lebih manis atau asam, tergantung bahan yang dipadukan di dalamnya. Biasanya es campur tidak menggunakan santan, hanya memadukan sirup dan susu kental manis.

3. Es oyen

Bedanya Es Teler, Es Campur, dan Es Oyen yang Sekilas Tampak SamaIDN Times/Reza Iqbal

Jika dua sebelumnya terasa familiar, bagaimana dengan es oyen? Kuliner ini asalnya dari Kota Kembang, sama halnya dengan es doger. Dilihat dari isiannya, es oyen dan es campur hampir tidak ada bedanya.

Kamu bisa membedakan keduanya melalui warna. Es oyen berwarna merah muda, sedangkan es teler atau es campur berwarna putih. Selain itu, proses pembuatan es oyen sama dengan es teler yang menggunakan santan di atas es serutnya. Jadi, kamu yang ingin merasakan sensasi menyantap es campur sekaligus es teler, pesan saja es oyen.

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan perbedaan tiga kuliner di atas?