Begini reaksi rakyat Suriah atas serangan udara AS ke negaranya

Ratusan rakyat Suriah turun ke jalan kemarin sambil bernyanyi dan menari menyerukan apa yang mereka sebut kegagalan Barat memecah belah persatuan.

Beberapa jam sebelumnya serangan udara AS menghantam tiga lokasi di Suriah sebagai respons atas dugaan serangan senjata kimia di Kota Douma.

Demonstrasi mendukung Presiden Basyar al-Assad itu disiarkan langsung di stasiun televisi pemerintah.

Dalam siaran televisi nasional juga dilaporkan militer Suriah berhasil melumpuhkan sejumlah rudal yang diluncurkan AS, Inggris, dan Prancis. Media pemerintah juga meminta rakyat Suriah tidak mempercayai sejumlah laporan yang melebih-lebihkan serangan udara AS itu.

“Kami tidak takut dengan rudal AS. Kami permalukan rudal mereka,” ujar Mahmud Ibrahim yang melambaikan bendera Suriah dari jendela mobilnya.

Unjuk rasa itu diwarnai dengan keriuhan suara klakson kendaraan seiring kerumunan massa menuju Universitas Damaskus. Di lokasi itu tentara pro pemerintah juga menari dan mengacungkan senapan otomatis.

Sambil mengecam Presiden Donald Trump dan memuji Assad mereka juga mengibarkan bendera sekutu Suriah yakni Iran dan Rusia.

Unjuk rasa ini sejalan dengan sejumlah kabar yang menyebut militer Suriah kini sudah mengumumkan Kota Douma di kawasan Ghouta Timur sudah bebas dari pemberontak.

Peristiwa ini menjadi catatan kemenangan besar Assad sejak pasukannya menguasai kembali Kota Aleppo pada 2016.

“Serangan Trump gagal,” kata pegawai negeri bernama Muhammad Hammad, 51 tahun. “Kegagalan Trump bertepatan dengan kemenangan pasukan kami di Douma.”

rudal suriah cegat rudal as di langit damaskus AP/Hassan Ammar

Kantor berita the Associated Press melaporkan terdengar dentuman keras dan terlihat lintasan asap di langit Damaskus ketika rudal pertahanan Suriah meluncur buat melumpuhkan rudal AS. Langit Damaskus berwarna oranye ketika rudal-rudal itu diluncurkan diiringi suara azan subuh berkumandang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *