Benarkah Kita Wajib Tertawa Tiap Hari?

Kalau tertawa tiap hari, gila dong? Hahaha! Eh, tapi pernah dengar ungkapan ‘Hati yang gembira adalah obat’?

 

Kalau kata Paul E. McGhee, Ph.D., salah satu pelopor penelitian tentang humor, “Rasa humor adalah salah satu alat terkuat yang kendalikan mood dan emosi tiap hari dan bikin badan jadi sehat.”

Berikut sederet alasan kenapa wajib tertawa tiap hari.

 

#1   DIRI JADI LEBIH MENARIK

Jelas, tertawa bikin diri jadi lebih menarik. Terutama terlihat lebih menarik di mata orang lain. Itu karena kita jadi tampak seperti orang yang menyenangkan. Sementara orang yang lebih suka cemberut cenderung akan dijauhi orang sekitarnya. Nggak percaya? Coba saja.

#2   JADI SEHAT

Tertawa sering disebut sebagai olahraga paling menyenangkan? Kok bisa? Tentu bisa. Tertawa itu selain membakar kalori, tertawa juga bisa membantu untuk naikkan sirkulasi darah dan asupan oksigen yang bermanfaat besar buat kesehatan jantung. Keren, kan?

 

#3   BYE BYE PENYAKIT!

Tertawa selain sebagai olahraga juga otomatis meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itu bisa terjadi karena tertawa bisa tingkatkan produksi antibodi dan sel imun dalam tubuh. Hasilnya, tubuh jadi kebal terhadap serangan penyakit dan infeksi.

 

#4   STRES HILANG

Cobalah tertawa pas lagi stres! Bener banget kalau tertawa bisa picu otak untuk keluarkan hormon endorfin dan melatonin yang bikin tubuh jadi merasa lebih tenang. Hasilnya, stres pun bisa teratasi. Kita pun bisa bilang “Santai aja…” ke orang lain. Asyik, kan?

#5   MOOD TERJAGA

Suasana hati sedang nggak asyik? Tertawa deh! Tubuh bakal merasa lebih relaks dan mood buruk pun pergi menjauh. Jelas ini patut dicoba saat mood di kantor sedang tak baik. Tak ada ruginya pula, kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *