Berita Teknologi – 7 Kemungkinan Terburuk Jika Artificial Intelligence Terus-menerus Dikembangkan

Berita Teknologi – Seperti yang telah kita ketahui bersama, saat ini kita hidup di abad 21 di mana kemajuan teknologi tengah berkembang sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai peralatan cerdas seperti RobotVirtual Assistant dan Software canggihlainnya. Namun ada sebuah proyek teknologi super besar yang tengah dibuat, yaitu AI (artificial intelligence) atau disebut dengan kecerdasan buatan.

Beberapa pakar teknologi mengatakan bahwa AI ini dapat berpikir layaknya manusia, bahkan dapat melampaui kecerdasan manusia itu sendiri. Tapi apakah semua prediksi tersebut dapat terjadi? Kita tidak tahu, namun ada 7 kemungkinan buruk jika AI ini terus menerus dikembangkan. Inilah penjelasannya:

7 Kemungkinan Buruk Jika AI (Artificial Intelligence) Terus Menerus Dikembangkan

1. AI Dapat Membunuh Manusia

Mungkin pendapat ini sedikit mengerikan dan konyol, bagaimana sesuatu yang diciptakan dapat memberontak kepada penciptanya? Namun ungkapan ini bukanlah sebuah lulucon.

Peringatan ini berasal dari pendapat para ilmuwan terkenal yaitu Stephen Hawking, Elon Musk, dan Bill Gates.

Bill Gates mengatakan ‘AI bisa saja menjadi lebih cerdas untuk tetap berada di bawah kendali kita’. Pendapat ini dikuatkan oleh Stephen Hawking yang mengatakan ‘AI dapat menghancurkan kita dengan cara mengalahkan manusia di dalam bidang pekerjaan’. Sedangkan Elon Musk berpendapat AI merupakan ‘Setan’ dan dia yakin bahwa teknologi ini merupakan sebuah ancaman besar bagi umat manusia.

2. AI Melebihi Kecerdasan Manusia

Di dalam dunia teknologi kita mengenal dua kelompok AI yaitu ‘AI kuat dan AI lemah‘ dan AI yang saat ini berada di sekitar kita merupakan kelompok AI lemah seperti smartphone, Virtual Assistant, dan PC.

AI lemah umumnya melakukan sebuah hal yang telah diprogram sebelumnya, namun sangat berbeda dengan AI kuat. AI yang kuat memiliki kesadaran dan penalaran layaknya manusia, di mana mereka dapat membuat keputusan mereka sendiri tanpa masukan dari para manusia.

Walaupun saat ini belum ada AI kuat, tetapi para ilmuwan telah memprediksi bahwa teknologi ini akan muncul sekitar 10 tahun ke depan.

3. AI Belajar Menjadi Pembohong

Pembohong merupakan sifat alami yang hanya dimiliki oleh manusia, tetapi siapa sangka sifat bohong ini dapat dimiliki oleh para AI suatu saat nanti. Perlu kamu tahu, ilmuwan dari Georgia Institute of Technology di Atlanta telah melakukan percobaan tersebut.

Mereka telah mengembangkan sebuah algoritma yang memungkinkan sebuah robot dapat memutuskan untuk menipu orang lain atau tidak. Cara menipu pada algoritma ini yaitu dengan cara memberikan informasi palsukepada korban.

4. Banyak Pekerjaan Direbut Oleh Robot

Bukan sebuah hal yang asing untuk kita, bahwa robot akan mengambil alih pekerjaan manusia di suatu saat nanti. Namun, kapan para robot akan mengambil alih pekerjaan kita dan seberapa jauh mereka akan bekerja?

Menurut prediksi dari para konsultan PricewaterhouseCoopers (PwC), robot akan mengambil alih 21 persen pekerjaan di Jepang, 30 persen pekerjaan di Inggris, 35 persen pekerjaan di Jerman, dan 38 pekerjaan di Amerika Serikat pada tahun 2030 nanti. Dan pada abad berikutnya, robot akan mengambil alih lebih dari 50 persen pekerjaan kita.

5. Robot Meminta Hak Yang Sama Dengan Manusia

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, jika AI Kuat telah tercipta kemungkinan buruk ini mungkin akan terjadi. AI Kuat yang digadang-gadang mempunyai kesadaran dan penalaran seperti manusia ini pun akan meminta Hak yang sama seperti manusia.

Hak-hak tersebut di antaranya meminta tunjangan rumah, menjadi tentara, menerima pelayanan kesehatan, hingga status kewarganegaraan.

6. Robot Perang Menjadi Solusi Terbaik Untuk Fasilitas Perang

Pada tahun 2011, tentara Iran berhasil menangkap pesawat tak berawak atau Drone milik Amerika Serikat yang tengah terbang di langit Iran. Bercermin dari kejadian tersebut, sudah barang tentu suatu saat nanti akan ada perang robot.

Perang robot mungkin akan terjadi, namun yang kita takutkan ialah robot akan memerangi kita. Dengan adanya AI yang semakin cerdas bukan hal yang mustahil jika para robot berubah pikiran dan berbalik menyerang para manusia. Semoga aja hal itu tidak terjadi ya guys.

7. AI Menjadi Mesin Pembunuh Yang Menakutkan

Jika kita membahas ‘robot pembunuh otomatis’ maka yang dimaksud adalah robot yang dapat membunuh tanpa campur tangan manusia, jadi Drone di sini tidak termasuk. Karena Drone pembunuh masih dikendalikan oleh manusia. Kabar buruknya robot pembunuh otomatis ini sudah diciptakan dan dipakai oleh beberapa negara yaitu Israel dan Korea Selatan.

Robot tersebut bernama SGR-A1. SGR-A1 merupakan mesin pembunuh yang mirip dengan kamera pengintai, namun memiliki mesin senapan berkekuatan tinggi. Robot ini sungguh menyeramkan karena dapat menembakkan peluru secara otomatis ke sasaran yang telah ditentukan.

Itulah 7 kemungkinan buruk jika AI terus menerus dikembangkan. Perkembangan teknologi memang mempunyai dampak yang positif, namun tidak sedikit perkembangan teknologi yang semakin maju justru dapat membunuh manusia secara perlahan. Oleh karena itu, pintar-pintar lah untuk memakai teknologi yang ada ya guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *