Berita Teknologi – Cuma Punya RAM 1 GB, Nokia 2 Bakal Kebagian Android Oreo

berita gadget

Berita Teknologi –¬†Nokia 2 merupakan smartphone Android termurah yang pernah diciptakan HMD Global. Karena harganya yang murah, spesifikasi hardware yang ditawarkan pun sedikit lebih rendah dari Nokia 3. Tapi Nokia 2 tetap punya kelebihan,¬†yakni baterai berkapasitas 4.100 mAh sehingga dapat membuatnya bertahan lama saat digunakan.

Selanjutnya pada bulan September 2017, HMD Global mengumumkan bahwa semua perangkat Android Nokia buatannya akan mendapatkan update sistem operasi Android 8.0 Oreo. Namun pengumuman tersebut tidak secara ekspilisit menyebutkan Nokia 2 akan mendapatkan update tersebut karena smartphone ini baru diumumkan pada bulan November 2017.

Hal ini membuat sebagian orang bertanya-tanya, apakah Nokia 2 yang notabene berharga murah juga bakal kebagian Oreo. Namun baru-baru ini Juho Sarvikas selaku Chief Product Officer dari HMD Global melalui akun Twitter resminya memberikan pernyataan. Ia mengatakan Nokia 2 akan langsung mendapatkan Android 8.1 Oreo yang setara dengan Go Edition.

Tentu saja hal ini menarik karena dukungan HMD Global yang luar biasa. Smartphone dengan RAM 1 GB pun bisa mendapatkan update sistem operasi Android terbaru karena biasanya beberapa vendor smartphone lain akan meninggalkan smartphone RAM 1 GB dengan sistem operasi ynag hadir ketika pertama kali dirilis.

Google sendiri telah mengumumkan Android Go pada awal 2017, dimana ini merupakan sistem operasi yang dikembangkan secara optimal berbasis Android Oreo yang dirancang untuk smartphone dengan RAM 512 MB atau 1 GB. Sistem operasi ini akhirnya diluncurkan pada awal bulan Desember dengan basis Android 8.1 Oreo.

Untuk itu, HMD Global ingin menggunakan memory management tweaks (dan perbaikan lainnya) yang ditawarkan oleh Android Go ke Nokia 2 sehingga bisa update langsung dari Android 7.1 Nougat menjadi Android 8 Oreo. Sarvikas juga menambahkan bahwa Nokia 2 tidak akan menjadi smartphone Android Go yang sesungguhnya karena tidak bisa di-upgrade menjadi Android Go.

HMD Global berhasil mengambil bagian penting dari Android Go dan diterapkan untuk memperbarui sistem operasi Android di Nokia 2. Namun saat ini belum ada keterangan waktu kapan pembaruan Android Oreo untuk Nokia 2 bakal hadir, namun pastinya akan muncul belakangan setelah Nokia 6, Nokia 5, dan Nokia 3 lebih dulu mendapat update Oreo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *