Bertengkar dipicu cemburu, Iwan bakar pacarnya

Motif IRW alias Iwan alias Kincit (35) membakar kekasihnya DAL (15), pekan lalu, akhirnya terungkap. Dia melakukan aksi itu setelah bertengkar karena dipicu cemburu melihat pacarnya dibonceng pria lain.

Motif ini terungkap setelah IRW tertangkap. “Jadi, pada Senin (7/5) sekitar pukul 20.30 WIB, tersangka dan korban bertengkar melalui telepon. Korban membantah dibonceng laki-laki lain dan memaki-maki tersangka. Tersangka langsung emosi dan mengancam akan membakar korban,” kata AKBP Ikhwan Lubis, Kapolres Pelabuhan Belawan, Rabu (16/5).

Sekitar pukul 21.00 WIB, IRW mendatangi korban yang tengah berada di salah satu rumah di Jalan RPH, Mabar, Medan Deli. Dia langsung menyiram korban dengan minyak jenis pertalite dan membakarnya.

Setelah melakukan aksinya, IRW yang merupakan warga Jalan Mangaan I, Mabar, ini melarikan diri. Dia akhirnya ditangkap sepekan kemudian, Senin (14/5), di kawasan Jalan Gaperta, Medan.

IRW dijerat dengan Pasal 187 ayat (2) KUHPidana jo Pasal 80 ayat (2) jo Pasal 76 huruf (c) Undang-Undang No 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

“Ancaman hukuman untuk pasal pembakaran selama 12 tahun penjara, sedangkan untuk kekerasan terhadap anak ancamannya 5 tahun penjara,” sebut Ikhwan.

Seperti diberitakan, IRW menyiramkan minyak pertalite dan membakar pacarnya, DAL, di salah satu rumah di Jalan RPH Gang Suka Maju, Lingkungan 11, Mabar, Medan Deli. Perbuatan itu diduga dipicu perasaan cemburu. Sebelum kejadian itu, tersangka dan korban cekcok saat berkomunikasi via telepon genggam.

Saat IRW datang ke lokasi, dia langsung menyiram remaja itu dengan minyak pertalite dari dalam botol besar air mineral yang dibawanya. Setelah mengguyur korban dengan pertalite, pelaku langsung menyulutnya dengan pakai mancis (korek api gas).

Api pun membakar remaja yang tinggal di Jalan Mangaan V Lingkungan 13, Mabar itu. Korban mengalami luka bakar pada bagian wajah, perut, tangan, dan kaki, sekitar 65 persen. Dia masih menjalani perawatan di sana.