Buku terakhir Stephen Hawking: Tuhan tidak ada

LIGA99 – Tuhan tidak ada. Itulah kesimpulan dari buku yang ditulis oleh fisikawan ternama asal Inggris, Stephen Hawking yang diterbitkan Selasa lalu. Buku itu diselesaikan oleh keluarga Hawking setelah dia wafat pada Maret lalu di usia 76 tahun.

Buku ini menghadirkan jawaban bagi sejumlah pertanyaan yang paling sering ditanyakan kepada Hawking selama hidupnya.

Pernyataan mengejutkan lainnya dari Hawking yang tertuang dalam buku ini adalah dia meyakini ada kehidupan alien di luar sana, dan kecerdasan buatan dapat mengakali manusia kapan saja dan perjalanan waktu bisa terjadi.

“Tidak ada Tuhan. Tidak ada yang mengatur alam semesta,” tulisnya dalam buku berjudul “Jawaban Singkat untuk Pertanyaan Besar,” seperti dilansir CNN, Sabtu (20/10).

“Selama berabad-abad, diyakini bahwa orang-orang cacat seperti saya hidup di bawah kutukan yang ditimbulkan oleh Tuhan,” tambahnya.

“Saya lebih suka berpikir bahwa semuanya dapat dijelaskan dengan cara lain, oleh hukum alam.”

Hawking menderita amyotrophic lateral sclerosis (ALS) atau penyakit Lou Gehrigs. Penyakit tersebut merupakan penyakit saraf yang menyerang neuron pengendali otot lurik.

Hawking meninggal saat masih mengerjakan buku terakhirnya yang kemudian diselesaikan oleh keluarga dan rekan-rekannya dengan bantuan arsip pribadinya.

Hawking berbicara tentang kurangnya kepercayaannya pada Tuhan selama hidupnya, beberapa dari jawabannya yang lain lebih mengejutkan.

“Ada bentuk-bentuk kehidupan cerdas di luar sana,”

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *