Cara mewarnai rambut dengan bahan alami dan teknik balayage

Melihat rambut para selebriti yang terlihat keren dengan ombre atau balayage memang bikin kepincut, ya? Mungkin tidak sedikit yang kepingin meniru.

Tetapi ombre atau balayage di salon bisa menghabiskan biaya sampai ratusan ribu. Lebih murah meriah jika Anda tahu cara mewarnai rambut sendiri di rumah.

Berikut ini kita akan belajar berbagai cara mewarnai rambut dengan berbagai teknik. Mulai dari cara mewarnai rambut alami hingga teknik pengecatan rambut ombre/balayage.

Cara mewarnai rambut secara alami

Jika Anda ingin mencoba cara mewarnai rambut alami, Anda bisa memakai berbagai bahan natural. Warna yang dihasilkan memang tidak sepekat cat rambut dalam kemasan yang bisa kita dapatkan di supermarket atau salon rambut. Namun pewarna seperti ini lebih rendah risiko bagi orang-orang yang mudah alergi.

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dipakai untuk mewarnai rambut:

  • Henna/pacar
  • Mahkota bunga sepatu yang dilumatkan
  • Mahkota mawar merah yang dilumatkan
  • Air perasan lemon
  • Air perasan kunyit parut

Cara mewarnai rambut dengan kunyit

Ilustrasi kunyit

Untuk mendapatkan warna pirang gelap, Anda bisa mewarnai rambut dengan kunyit. Warna kuningnya yang tajam akan melapisi rambut Anda dan menghasilkan warna pirang coklat yang alami.

Bahan:

  • 1 genggam kunyit segar, diparut
  • 2 gelas belimbing air hangat

Cara membuat:

  1. Siapkan seperempat cangkir parutan kunyit, kemudian tuangi air hangat dan peras-peras hingga Anda mendapatkan secangkir larutan kunyit pekat.
  2. Masukkan larutan kunyit ke dalam botol spray, kemudian semprotkan hingga merata ke batang rambut. Remas-remas perlahan dan diamkan hingga rambut mengering.
  3. Jika rambut sudah kering, bilas hingga bersih. Ulangi proses ini setiap dua hari sekali.

Demikian cara mewarnai rambut sendiri dengan bahan-bahan alami. Agar warnanya semakin terlihat, proses pengecatan harus diulangi setiap beberapa hari sekali. Dan perlu diingat, hasilnya tidak akan signifikan seperti semir rambut instan.

Cara mewarnai rambut ombre

Berikutnya kita akan mencoba cara mewarnai rambut sendiri dengan teknik ombre atau balayage. Caranya cukup mudah, kok.

Sebelum itu, kita perlu mengetahui perbedaan antara ombre dan balayage. Pada teknik ombre, bagian rambut yang diwarnai tidak dimulai dari akar. Biasanya dari pertengahan bagian hingga ujung.

Balayage memadukan teknik ombre danĀ highlight. Rambut diwarnai dai bagian tengah dan hanya difokuskan pada tiap helaian sehingga semakin menonjolkan tekstur rambut.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat perbedaan rambut ombre dan balayage melalui gambar di bawah ini.

Ilustrasi ombre vs balayage Strawberry Blonde Salon/The Right Hairstyles

Kelebihan dari teknik balayage dan ombre yang dilakukan sendiri adalah kita bisa menentukan bagian rambut mana yang ingin ditonjolkan.

Cara mewarnai rambut balayage

Berikut ini kami sajikan cara mewarnai rambut dengan teknik balayage yang bisa juga Anda terapkan untuk ombre. Jika menginginkan hasil seperti ombre, warnai seluruh bagian rambut dari tengah hingga ujung. Tetapi tetap lakukan sejumput demi sejumput agar hasilnya terlihat alami.

Pakai kaos bekas atau tutupi baju dengan mantel cukur

Campur pewarna rambut dan developer cream di dalam mangkuk.

Pakai sarung tangan yang sudah tersedia di dalam kemasan. Lakukan tes alergi terlebih dahulu. Oleskan sedikit cat pada area leher yang tepat berada di belakang telinga. Setelah itu tunggu sampai 5 menit. Jika kulit tidak terasa gatal atau pedih, proses pewarnaan bisa dilanjutkan.

Ikat sebagian rambut Anda. Ambil sejumput saja, kemudian celupkan jari tangan ke dalam campuran pewarna.

Cara mewarnai rambut ombre/balayage

Setelah itu usapkan pewarna pada helaian rambut. Oleskan tebal-tebal. Anda bisa menambahkan pewarna pada olesan selanjutnya untuk mendapatkan warna rambut yang lebih terang.

Cara mewarnai rambut ombre/balayage

Tarik sisa pewarna yang menempel di rambut ke atas. Tujuannya adalah menjadikan ombre atau balayage terlihat alami.

Cara mewarnai rambut ombre/balayage

Ambil helaian rambut baru dan ulangi dua langkah sebelumnya hingga Anda mendapatkan warna rambut yang diinginkan.

Cara mewarnai rambut ombre/balayage

Cara mewarnai rambut ombre/balayage

Diamkan selama 30 menit atau sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan. Jika sesudahnya Anda merasa rambut yang disemir masih terlalu gelap, ulangi lagi proses pewarnaan. Diamkan selama 5 menit saja, kemudian cuci rambut sesuai dengan petunjuk.

Cara mewarnai rambut ombre/balayage

Demikian cara mewarnai rambut dengan teknik balayage di rumah. Untuk hasil yang terlihat lebih profesional, Anda bisa menggunakan dua warna cat sekaligus. Pilih yang senuansa agar tetap terlihat alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *