Cegah hipertensi dengan beri pelukan orang tersayang

Tekanan darah tinggi memang dapat mengancam kesehatan siapapun. Namun pernahkah anda mendengar tentang manfaat pelukan yang dapat menurunkan tekanan darah?

Seperti yang dilansir dari Thelist.com, penelitian yang diterbitkan dalam Biological Psychology, menemukan bahwa tekanan darah wanita menurun setelah dipeluk pasangannya.

Penelitian dilakukan pada 59 premenopause wanita yang dipeluk pasangannya. Hasilnya, setelah dipeluk pasangan, hormon oksitosin dilepaskan dari otak sehingga bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ketika hipertensi terjadi, pembuluh darah arteri akan mengeras sehingga aliran darah akan menurun, ketika tidak ada darah yang cukup menyuplai oksigen ke berbagai bagian tubuh, apalagi jantung, maka hal itu akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskuler lainnya.

Itulah mengapaCara mencegah hipertensiyang murah, mudah dan menyenangkan salah satunya dengan lebih sering berpelukan dan bermanja-manja ria dengan pasangan, karena ternyata hal ini bisa menurunkan tekanan darah anda.

Selain baik untuk mencegah hipertensi. Pelukan juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan merangsang kinerja hormon baik. Tahukan anda jika satu pelukan saja setara dengan meditasi?