Cuzzz! Sikat 5 Cara Bikin Sepatu Awet Tanpa Pakai Pelet Ini

Ketimbang beli baru terus, kenapa nggak bikin sepatu awet? Apalagi kalau modelnya kita sudah suka dan sudah nggak keluar lagi diproduksi. Cara bikin sepatu awet?

 

Mau dong tahu cara bikin sepatu awet? Karena pada kenyataannya nggak semua sepatu punya ketahanan yang sama. Meski berharga mahal belum tentu bisa tahan lama begitu dikoleksi.

Semuanya tergantung dari cara perawatan dan menjaga kondisi sepatu dengan baik atau tidak. Maklum, terkadang kita lupa – meski sepatu adalah benda yang sering diinjak, tak berarti jadi semena-mena saat memakainya.

“Kesalahan terbesar yang dilakukan banyak pria adalah mengabaikan sepatu mereka begitu sampai rumah,” jelas Michael Petry, direktur kreatif brand The Frye Company. Luangkan waktu dan usaha untuk merawat bahan dan sol, maka sepatu kita akan tahan dikoleksi.

Bagaimana caranya bikin sepatu awet?

 

#1   GOSOK LEBIH SERING

Ini berlaku untuk sepatu kulit. Begitu Anda keluarkan mereka dari kotaknya, langsung gosok dengan baik. Jangan lupa, tiap kali akan dipakai, harus pula digosok atau setidaknya dilap sebelum akhirnya berhadapan dengan cuaca buruk. Dengan melakukan langkah tadi, sudah cukup membantu bikin sepatu awet dipakai.

#2   SIKAT SUEDE

Jika suka sekali pakai sepatu berbahan suede, usaha yang harus dilakukan agar bikin sepatu awet yaitu dengan cara menyemprotkan pembersih ke sepatu Anda. Cara tadi bisa jadi senjata Anda untuk protektif ke koleksi suede Anda. Semata-mata untuk mencegah serbuan air, garam dan lumpur sehingga elemen bahannya tak rusak.

 

#3   JANGAN PAKAI SPONS

Ya, hindari pakai spons! Setidaknya itu yang diusulkan Kevin Tuohy, pendiri A Shine & Co. Kenapa? Karena kadang ujung spons akan menempel ke materi sepatu favorit Anda. Cara ini bukan bikin sepatu awet, justru malah bisa merusak kondisi sepatu Anda. Jadi, lebih baik pakai sikat alami atau sisir rambut.

#4   PAKAI PELAPIS PLASTIK

Ya, pelapis plastik bisa melindungi sol kulit dari kerusakan. Tanyakan pelapis plastik ini pada tukang sepatu atau penjual sepatu. Pelapis sepatu ini juga bisa memberikan cengkraman yang kuat untuk menjaga posisi sol.

 

#5   PERKUAT SEPATU BOOT

Jika ingin bikin tampilan sepatu boot jadi lebih sangar dan kasar, jangan gunakan cara ekstrim. Cukup pakai balsem kulit dan krim penetral tapi hindari untuk tak menyikat atau memolesnya sampai mengkilat banget!

 

Siap tampil oke dengan sepatu terawat?