Dari Korea hingga AS, jutaan pasang mata saksikan pertemuan Trump-Kim Jong-un

Hari ini dunia menyaksikan pertemuan bersejarah Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Hotel Capella, Singapura.

Seiring kerumunan warga Singapura di jalanan yang ingin melihat langsung sosok Trump dan Kim, jutaan pasang mata di seluruh dunia juga menyaksikan peristiwa bersejarah itu secara langsung melalui layar kaca.

Dilansir dari laman Channel News Asia, ribuan orang di Ibu Kota Seoul, Korea Selatan, berkumpul di stasiun kereta, tempat-tempat umum lain untuk menyaksikan pertemuan itu lewat tayangan langsung.

“Melihat kedua pemimpin bersalaman, saya pikir saya sedang berada di momen bersejarah,” kata Jung A-im, seorang mahasiswa.

Sebagian warga menyaksikan tayangan pertemuan itu lewat ponsel masing-masing.

“Perubahan besar sejarah dunia sedang berlangsung,” kata seorang pengguna Internet.

Warga juga bertepuk tangan spontan ketika Trump menjabat tangan Kim seraya saling menyapa.

Kantor berita Yonhap memperlihatkan momen ketika Presiden Moon Jae-in tersenyum saat Trump menjabat tangan Kim.

“Pertemuan Korea Utara-AS kini dimulai. Semua perhatian dunia kini tertuju ke Singapura,” kata Moon dalam rapat kabinet hari ini.

“Saya sampai tidak tidur semalam. Saya, seperti juga orang lain, sangat berharap pertemuan ini akan berhasil dan menjadi jalan pembuka bagi denuklirisasi menyeluruh, perdamaian dan hubungan baru antara Korea Selatan, Korea Utara, dan Amerika Serikat.”

Di Koreatown, Los Angeles, Amerika Serikat, warga berkumpul menyaksikan tayangan langsung pertemuan itu dan bersorak serta bertepuk tangan ketika melihat kedua pemimpin berjabat tangan.

Di Tokyo, orang-orang berebutan mendapatkan koran edisi khusus yang meliput pertemuan di Singapura itu.