Deretan produk anak bangsa ini menjadi yang pertama di dunia

 Pemerintah terus berupaya agar Indonesia bisa mengejar ketertinggalannya dengan negara lain. Meski lambat, namun Indonesia terus menunjukkan perkembangannya.

Untuk meningkatkan daya saingnya, Indonesia harus terus mencari cara untuk bisa menembus pasar internasional. Salah satunya dengan menciptakan produk, tak hanya jadi yang pertama di negara sendiri namun juga di dunia.

 

1. Perahu bambu pertama di dunia

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meluncurkan perahu berbahan bambu laminasi buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)Surabaya. Perahu yang diberi nama Beito Deling 001 ini menjadi perahu pertama di dunia.

Pengembangan perahu bambu laminasi ditujukan untuk memberi bahan alternatif kapal yang murah saat pasokan kayu masih sedikit dan harganya makin mahal.

Wakil inventor Beito Deling 001 Heri Supomo menjelaskan, Baito Deling berasal dari Bahasa Jawa, deling yang artinya bambu dan baito berarti perahu. Sedang 001 disematkan sebagai tanda untuk prototipe yang pertama.

Dia pun memulai penelitian sejak 2012 mengenai penggunaan bambu ini. Dia menyebut, bambu laminasi memiliki kekuatan satu setengah lebih tinggi dibanding kayu jati. Selain itu, bambu lebih ekonomis 60 persen dari kayu jati yang digunakan saat ini.

Tak hanya itu, secara konstruksi bambu bisa digunakan sebagai bahan kapal karena semakin kena air, apalagi air asin, bambu akan semakin kuat. “Kapal ini berukuran enam meter, lebar dua meter dan berat 750 kilogram. Muat ikan 1,5 ton. Saya sudah menguji laminasi bambu di laut dan pengetesan. Bambu mampu 25 tahun,” kata Heri.

 

2. Tank Boat buatan Pindad pertama di dunia

PT Pindad telah mengeluarkan alat tempur terbaru buatannya bernama ‘Tank Boat 105mm’. Kapal berbentuk tank ini diklaim belum pernah ada di dunia dan cuma Indonesia yang punya.

Direktur Komersial PT Pindad (Persero), Widjajanto, mengatakan Tank Boat bisa tercipta hasil kerjasama pihaknya dengan PT Lundin Industry Invest dan CMI Defence dari Belgia. Pindad mematok harga Tank Boat sekitar 10 juta sampai 15 juta Euro. Rencananya produk ini mulai dipasarkan Oktober 2017.

Tank boat terbuat dari komposit dengan platform kapal catamaran (double hull). Alat tempur ini memiliki panjang total 18 meter dan berbekal mesin diesel buatan Maschinenfabrik Augsburg-Nrnberg (MAN). Tank Boat mampu melaju hingga kecepatan 40 knots dari perairan dangkal sekitar 1 meter hingga laut lepas.

“Ini kapal pertama, belum pernah ada di dunia. Sangat cocok untuk Indonesia yang punya banyak perairan. Bisa di sungai, danau, rawa karena dia pakai water jet, bukan baling-baling,” katanya.

Platform tempur ini juga memiliki bekal persenjataan lain seperti Remote Control Weapon System (RCWS) dengan kaliber 7.62mm dengan sistem nadir dan navigasi canggih. Kelebihannya lainnya yakni memadukan konsep kemampuan tempur dengan boad.

“Kita butuh sistem pertahanan seperti ini. Tembakan langsung 5 Km, bisa juga tembakan artileri 16 Km. Juga dilengkapi dengan rudal palarik. Daya jelajah 2.000 mil, kalau Jawa ke Kalimantan tak perlu refil,” jelasnya.

Menurutnya, Tank Boat ini sudah ramai peminatnya baik dari dalam negeri seperti TNI dan luar negeri seperti dari Timur Tengah. “Minatnya mulai antre,” ujarnya.

3. Amfibi Transformer pertama di Asia

Amfibi Transformer adalahkendaraan atau truk amfibi yang mampu berjalan di darat maupun laut.Peneliti di Dislitbang AL, Letnan Marinir Citro Subono mengatakanperlengkapan perang amfibi dibutuhkan Indonesia untuk memenuhi tugas pokok setiap angkatan.

“Saya sebagai korp marinir hidupnya di dua alam, jadi harus mempunyai kendaraan yang bisa di darat maupun laut,” terangnya.

Keunggulan pada Amfibi kali ini berbeda pada kendaraan sebelumnya. Kendaraan ini merupakan teknologi terbaru yang mampu menyamai kecepatan di darat maupun di laut.

Menurutnya, kendaraan amfibi transformer ini baru ada di Amerika dan Inggris. “Di Asia belum ada, baru ada di Indonesia,” tutup Citro.

Dari informasi yang didapat, rantis amfibi ini terdiri dari sasis truk sipil Isuzu Elf NKR 71 44. Truk ringan ini disokong dapur pacu mesin diesel 125 PS 5100 cc. Untuk mendukung aktivitas amfibi, rantis ini menggunakan dua buah mesin cummins mercruiser 220 HP, jenis diesel commonrail, dua stem drive propeller.

Dibanding JASGU, keistimewaan truk amfibi ini rodanya dapat dilipat ke atas seperti pesawat saat di air, sehingga kecepatannya bisa mencapai 12 knot. Sementara jika di darat mampu melaju dengan kecepatan 80 km per jam.

Truk amfibi Dislitbangal ini punya dimensi dengan panjang 10 meter, lebar 2,5 meter, tinggi 3,1 meter dan mempunyai bobot 6,7 ton. Dari segi kapasitas, daya muat kendaraan amfibi ini dapat memuat 3 awak dan 16 penumpang serta 500 kg barang (payload).

Secara taktis, kegunaan kendaraan amfibi yaitu raid amfibi cepat dengan sasaran yang jauh di darat, mengangkut bekal untuk re-supply pasukan ke garis depan, ambulance amfibi, mobil komunikasi amfibi dan mobil komando.