Destinasi wisata terbaik di Asia 2018, termasuk Pulau Komodo

Setiap tahun situs travel Lonely Planet selalu mengeluarkan rekomendasi destinasi wisata di berbagai kota, negara, dan benua.

Baru-baru ini mereka merilis daftar destinasi wisata terbaik di Asia. Banyak tujuan baru yang bisa dikunjungi para pelancong. Tak terkecuali Pulau Komodo yang jadi kebanggaan nusantara.

Mulai dari Ho Chi Minh (Vietnam), Ghats (India), Busan (Korea Selatan), hingga Uzbekistan, inilah deretan destinasi wisata terbaik yang dimiliki Asia untuk tahun 2018.

1. Nagasaki – Jepang

Bagi sebagian besar orang Nagasaki mungkin lebih identik dengan peristiwa bom atom yang membumihanguskan kota itu di tahun 1945. Jenis wisata yang populer dari kota ini pun dark tourism, berupa tur ke museum dan tugu-tugu memorial.

Namun kini Nagasaki sudah berubah banyak. Daerah pelabuhannya bisa menjadi tempat wisata kota tua yang penuh nostalgia. Menghadirkan nuansa timur dan barat pada bangunan-bangunan lawas seperti museum dan gereja.

Kota ini juga memiliki rute pendakian dengan pemandangan cantik yang mengular melingkari bukit-bukit vulkanik.

2. Ho Chi Minh – Vietnam

Dewasa ini Ho Chi Minh City telah berkembang menjadi kota metropolitan dengan budaya pop yang semarak. Kota itu punya sederet atraksi menarik yang bisa bikin para pelancong milenial betah.

Mulai dari distro baju-baju vintage yang menghuni kompleks apartemen lawas, kafe-kafe keren, hingga skena craft beer terbaik di Asia Tenggara.

Sejumlah venue eklektik dan festival musik nan meriah tak ketinggalan menyemarakkan kota ini. Aneka jajanan pinggir jalan yang tersedia juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveler yang hendak berlibur ke Ho Chi Minh City. Apalagi kota ini memang mudah diakses.

3. Chiang Mai – Thailand

Daya tarik utama Chiang Mai adalah bangunan-bangunan kuno yang dimilikinya. Mulai dari kuil dengan arsitektur unik hingga tembok-tembok megah yang mengelilingi bekas ibukota Kerajaan Lanna. Pendeknya memasuki kota ini bikin turis serasa melangkah ke kerajaan kuno.

Namun sebagai kawasan wisata yang sedang naik daun, Chiang Mai pun mulai dibanjiri pengaruh modern.

Sebagai daya tarik wisata, kini ada sederet toko cindera mata, kafe dengan latte art serba cantik di samping chedi (stupa) emas, restoran berdinding mural yang mengkhususkan diri dalam masakan fusion eksperimental, serta MAIIAM Contemporary Art Museum yang baru saja dibuka.

Belum lagi aroma ikan nila yang dibakar di atas daun pisang memenuhi gang-gang kecil, membuat air liur pelancong terbit seketika.

4. Western Ghats – India

Dataran tinggi nan sejuk di daerah selatan India ini memang tidak punya bukit dan tebing setinggi Himalaya, tetapi kawasan Western Ghats juga memiliki keindahan tersendiri.

Pemandangan alamnya yang cantik mengingatkan kepada Shimla dan Darjeeling. Ditambah hutan hijau lebat yang menyejukkan mata setiap kali memandang.

Melintasi Tamil Nadu, Kerala, Karnataka, Goa, dan Maharashtra, bukit-bukit terjal Western Ghats dinobatkan sebagai salah satu tempat dengan keanekaragaman hayati terbaik di dunia oleh UNESCO.

Selain perkebunan teh, kopi, dan rempah, Western Ghats merupakan habitat bagi bunga neelakurinji yang mekar hanya sekali dalam 12 tahun. Saat sedang mekar, perbukitan seolah diselimuti warna ungu yang cantik.

Selain keanekaragaman hayati, Western Ghats juga punya air terjun megah, pos-pos kolonial, dan kereta api gunung bertenaga uap.

5. Arugam Bay – Sri Lanka

Saat ini nama Sri Lanka tengah mencuat sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Asia. Para pelancong mendesaki bukit dan benteng-benteng kuno yang menjadi ciri khas kota-kota Sri Lanka. Namun Arugam Bay yang jauh lebih perawan bisa menjadi opsi untuk liburan seru.

Kota selancar di pesisir timur negara itu terkenal sebagai surga untuk para peselancar. Bagi yang tak keranjingan selancar pun Arugam Bay masih menyimpan pesona. Berupa bar-bar tepi pantai dan festival musik dadakan yang menghibur. Plus Taman Nasional Kumana yang letaknya sangat deka. Di sini wisatawan bisa melihat macan tutul, gajah, dan buaya di habitat mereka.

6. Busan – Korea Selatan

Dengan gunung dan lautannya yang memesona, Busan adalah kombinasi antara pemandangan alam, budaya, dan kuliner yang menakjubkan.

Daerah ini sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata pantai di Korea Selatan. Tetapi sebenarnya bukan cuma pantai indah yang jadi daya tarik Busan.

Wisatawan yang berkunjung ke Busan bisa mendaki perbukitan ke kuil Budha yang indah, bersantai di pemandian air panas, atau menikmati makanan laut yang masih menggeliat di Jagalchi, pasar ikan terbesar di negara itu.

Setelah dianugerahi gelar East Asia Culture City 2018, Busan akan menjadi kota yang paling semarak di tahun ini. Beragam event yang menonjolkan warisan budaya negara itu bakal diadakan, mulai dari festival seni jalanan hingga pertunjukan tari tradisional. Juga ada Festival Film Busan yang bertaraf internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *