Dokter menyarankanmu berhenti lakukan 7 kebiasaan ini sekarang

Serbaberita.com Orang tua atau dokter selalu menyarankan kamu untuk melakukan berbagai kebiasaan sehat dan memintamu berhenti melakukan kebiasaan yang dapat merusak kesehatan tubuh. Sayangnya kamu sendiri terkadang tak menyadari bahwa kebiasaanmu bisa membuatmu sakit secara diam-diam seperti kurang tidur, banyak konsumsi makanan manis, atau sering mengikat rambut secara ketat.

Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah kebiasaan sederhana lainnya yang sebaiknya kamu hentikan mulai sekarang.

Menahan kencing
Kencing adalah panggilan alam untuk mengeluarkan urin dari dalam tubuh. Entah karena tidak adanya toilet atau alasan lain, kamu sering menahan kencing terlalu lama. Padahal tahukah kamu bahwa kebiasaan ini bisa membuatmu terkena ISK atau infeksi alat kelamin lainnya baik bagi pria maupun wanita.

Terus-terusan mengunyah permen karet
Ada beberapa orang yang suka untuk mengunyah permen karet dalam waktu lama. Jika kamu juga memiliki kebiasaan yang demikian, maka sebaiknya hentikan sebab kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko munculnya rasa nyeri atau kaku pada tulang rahang.

Menggigiti kuku
Menggigiti kuku biasanya dilakukan ketika kamu sedang gugup. Padahal kebiasaan ini akan membuat kuman yang ada dalam kuku masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit perut atau sejumlah infeksi lainnya.

Tidak melakukan flossing
Jika kamu merasa bahwa menggosok gigi sudahlah cukup untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, maka kamu salah besar. Selain menggosok gigi dan berkumur, kamu juga harus melakukan flossing atau mengeluarkan sisa makanan yang tersembunyi di sela-sela gigi. Kebiasaan inilah yang kemudian akan menghindarkanmu dari risiko gigi berlubang atau infeksi gusi.

Menatap layar komputer secara konstan
Entah karena pekerjaan atau bermain game, kamu seringkali menatap layar komputer dalam waktu lama. Dan tahukah kamu saat kamu melakukan kebiasaan ini lebih dari 6 jam, maka gangguan kesehatan mata akan datang. Kemudian stres dan tekanan darah juga akan meningkat.

Duduk dalam waktu lama
Jika kamu sering duduk dalam waktu lama dan tidak melakukan olah tubuh di antaranya, maka kamu bisa berada pada risiko tinggi untuk terkena obesitas, nyeri sendi, hingga penyakit jantung.

Memakai sepatu dengan ukuran yang salah
Memakai sepatu terlalu kecil atau terlalu besar, terutama sepatu hak tinggi akan menempatkanmu pada risiko tinggi untuk terkena cedera kaki yang serius.

Apakah kamu masih melakukan salah satu dari kebiasaan di atas? Sebaiknya hentikan agar kesehatan tubuhmu tak terancam.

 

You may also like...