Dua buruh diringkus polisi usai curi kabel listrik di proyek

Dua pencuri dibekuk anggota Polsek Kuta Selatan. Keduanya diringkus setelah mencuri kabel di sebuah proyek villa PT Jumahera Tunas Jaya kawasan Bali Pecatu Graha (BPG) Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali, Selasa (19/6) kemarin.

Kedua pelaku bernama Yonatan (37) asal Malang Jawa Timur, dan Edi Muryanto (40) asal Lumajang, Jawa Timur.

Pencurian itu diketahui usai seorang petugas BPG, bernama I Made Gitra datang ke tempat kerjanya dan mendapat laporan bahwa telah terjadi pencurian kabel listrik.

Mendengar hal tersebut, I Made Gitra langsung mengecek TKP dan menghitung atau merinci kerugian pencurian tersebut dan selanjutnya melapor ke Mapolsek Kuta Selatan.

Mendapat laporan tersebut, Kapolsek Kuta Selatan Kompol I Nengah Patrem, melalui Kanit Reskrim Iptu Muh Nurul Yaqin, menidak lanjuti laporan pencurian tersebut.

Selanjutnya, pada Selasa (19/6) di hari yang sama sekitar pukul 15.30 Wita, Polisi melakukan olah TKP dan meminta keterangan saksi-saksi dan pada akhirnya diketahui bahwa kedua pelaku yang juga bekerja sebagai buruh proyek ditempat tersebut, dan selanjutnya diamankan ke Mapolsek Kuta Selatan.

Kanit Reskrim Polsek Kuta Iptu Muh. Nurul. Yaqin menjelaskan, bahwa pelaku adalah buruh proyek dan mencuri kabel yang sudah terpasang tapi belum dialiri listrik di proyek Vila tersebut.

“Mereka mengambil dengan cara memotong, untuk kerugian mencapai Rp 10 juta. Untuk sementara belum ada yang dijual,” ujar Nurul, Rabu (20/6) malam.

Untuk barang bukti yang diamakan di TKP yakni enam gulung kabel warna putih ukuran 3 X 2,5 meter.

Kemudian beberapa potongan kulit kabel dan satu buah alat pemotong. Kedua pelaku ini, dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan hukuman maksimal tujuh tahun penjara.