Dukung Asian Games, Kemkominfo luncurkan aplikasi ‘Duta Suporter Indonesia’

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) meluncurkan sebuah aplikasi bernama Duta Suporter Indonesia untuk membantu menggelorakan Asian Games 2018. Acara peluncuran aplikasi ini digelar di Hotel Millennium, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Komunikasi Publik Kominfo, Niken Widiastuti mengatakan, ide pembuatan aplikasi ini datang dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara. Gagasan tersebut kemudian dikembangkan lewat kerjasama dengan tim development aplikasi dan program dari Survarna. ID.

“Asian Games adalah milik seluruh rakyat Indonesia, karena itu cara untuk mengajak masyarakat untuk terlibat adalah dengan menjadi suporter yang pandai dan bijak, yakni dengan ikut menjadi Duta Suporter Indonesia,” ujar Niken.

Aplikasi Duta Suporter Indonesia bisa didownload melalui Google Play Store. Lewat aplikasi ini, masyarakat dapat melakukan pendaftaran dengan mencalonkan diri sebagai calon duta suporter dari provinsinya masing-masing.

Program tersebut akan digelar selama 30 hari ke depan, dan ditutup pada 7 Agustus mendatang. Selama itu pula, para calon duta akan mendapatkan tugas-tugas yang berhubungan dengan Asian Games dan masing-masing tugas ini akan dapat di-vote.

Pada akhir program, Kominfo akan memilih 68 duta suporter dengan vote terbanyak dari 34 provinsi. Mereka yang menang akan mendapatkan undangan untuk menghadiri acara pembukaan Asian Games di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada 18 Agustus mendatang.

“Kami juga memberikan akomodasi, transportasi, dan penginapan selama di Jakarta,” kata Niken.

Sementara itu, Enda Nasution selaku pengembang aplikasi mengatakan, sudah ada 10 ribu orang yang mendaftar sejak launching hingga peluncuran resmi. Informasi mengenai aplikasi ini pun sudah menjangkau sekitar tiga juta pengguna media sosial.

“Kami berharap hingga akhir program pada 7 Agustus nanti akan banyak peserta Duta Suporter Indonesia dan dengan demikian tujuan untuk menyosialisasikan Asian Games tercapai,” tutur Enda.