Fakta Fresh: Orang Rajin Olahraga Intens Lebih Awet Muda

Lebih suka nonton olahraga atau lakukan olahraga? Karena para ahli menemukan bahwa mereka yang rajin olahraga nyatanya lebih lambat alami penuaan!

 

Ini fakta paling baru yang dilansir dari Metro. Sekumpulan periset dari Universitas Birmingham dan King’s College London mengonfirmasi kalau mereka yang secara reguler rajin olahraga ternyata bisa menekan tubuh biologis mereka sehingga mereka kelihatan lebih muda dari usia aslinya.

Studi mereka dilakukan ke 125 pesepeda amatir pria berusia 55 dan 79 hingga 84 tahun plus 41 diantaranya adalah wanita.

Mereka lakukan serangkaian tes di laboratorium dan tes mereka dibandingkan dengan mereka yang nggak rajin olahraga – dan berusia 20 hingga 36 tahun.

Dari situ para ahli menemukan fakta olahraga nyatanya bikin massa otot bisa makin kuat seiring usia yang menua. Serunya lagi, didapati sistem imun para pesepeda nggak beranjak menua!

Bagaimana dengan kandungan testosteron?

 

 

Setelah diteliti kandungan testosteron mereka yang olahraga tetaplah tinggi – jadi para pria pesepeda ini bisa menghindari ‘waktu menopaus’ mereka.

Penemuan fakta ini makin dikuatkan dengan mereka yang berusia 65 tahunan dan tetap olahraga nyatanya hanya menderita dua jenis penyakit saja. Beda jauh dengan kisaran usia lainnya.

Serunya lagi, Profesor Janet Lord, Direktur dari Institute of Inflammatory and Ageing di Universitas Birmingham mengatakan,”Salah satu ahli Fisika Yunani, Hippocrates II, pernah bilang kalau olahraga adalah obat terbaik untuk pria. Sayangnya pesan ini hilang dimakan zaman.”

Nah, jadi kunci untuk kelihatan muda dan merasa muda adalah tetap bergerak (baca: olahraga)!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *