Galaxy S9 resmi rilis, Samsung langsung fokus pada smartphone layar lipat

Jakarta – Anda tidak bisa menganggap Samsung saat ini duduk tenang dengan senyum lebar atas ‘kemenangannya’ usai merilis Galaxy S9. CEO mobile DJ Koh sudah membicarakan tentang smartphone dengan layar yang dapat dilipat untuk proyek baru mereka. Smartphone tersebut dijuluki Galaxy X.

Sebelumnya telah ada pembicaraan bahwa smartphone layar lipat tersebut akan memasuki produksi massal pada November 2018 dan bakal rilis di tahun 2019 nanti. Bulan lalu, di acara CES (Consumer Electronic Show) 2018, versi Galaxy X yang hampir selesai ditunjukkan kepada beberapa pemain industri utama.

Samsung kemungkinan besar akan menawarkan versi pertama yang melipat ke dalam. Model dengan layar yang dilipat keluar akan ditawarkan di masa depan. Yang terakhir ini membutuhkan layar dengan fleksibilitas lebih dari yang dibutuhkan untuk unit lipat ke dalam.

Unit Samsung Galaxy X yang melakukan perjalanan ke Vegas membawa layar berukuran besar, yakni 7,3inci.

Menurut laporan yang diterbitkan baru-baru ini, DDJ Koh khawatir bahwa masyarakat akan menganggap smartphone yang bisa dilipat hanya sebuah gimmick. Koh pun berkata, “Saya perlu keyakinan penuh bahwa kami memberikan pengalaman pengguna terbaik saat meluncurkan kategori baru.”

Sementara Koh tidak akan menawarkan informasi lain mengenai smartphone tersebut. Namun dia berjanji bahwa ketika waktu itu telah tiba, maka pihaknya akan memperkenalkan Galaxy X dengan segala informasi yang jelas. Dia tidak akan menahan untuk menyembunyikan apapun.

Samsung bukan satu-satunya firma teknologi utama yang bekerja pada perangkat lipat. Melalui serangkaian paten, nampak jelas bahwa Microsoft sedang menyiapkan tablet/smartphone lipat dengan code nama Andromeda. Dengan ‘keheningan’ yang diracik di Redmond, kita tidak tahu sudah berapa jauh Microsoft mengembangkan model itu. Kita nantikan saja.