Gawat, 5 Makanan ini Bisa Bikin Wajahmu Cepat Keriput Lho!

Keriput menjadi salah satu musuh besar bagi banyak orang setelah jerawat. Bagi perempuan terutama, jangankan keriput munculnya garis halus di wajah saja sudah bisa membuat mereka panik.

Ada banyak penyebab mengapa wajah bisa keriput sebelum waktunya. Sinar matahari, kurang tidur, atau bisa juga disebabkan oleh beberapa makanan. Berikut ini 5 makanan yang ternyata bisa bikin wajah kamu cepat keriput!

1. Daging bakar

Gawat, 5 Makanan ini Bisa Bikin Wajahmu Cepat Keriput Lho!unsplash.com/Paul Hermann

Menyantap steak atau sate memang enak tapi kalau kamu ingin awet muda, sebaiknya kamu mengurangi makan steak, sate atau olahan daging apa pun yang dibakar. Bagian hitam pada daging bakar mengandung hidrokarbon pro-inflamasi yang bisa merusak kolagen.

Kolagen yang rusak akan membuat kulit melemah dan berubah jadi kendur. Kalau pun kamu benar-benar menyukai olahan daging bakar, kamu bisa memotong bagian hitam daging dan membuangnya.

2. Margarin

Gawat, 5 Makanan ini Bisa Bikin Wajahmu Cepat Keriput Lho!unsplash.com/Nicole Honeywill

Daripada nasi, kebanyakan orang akan lebih memilih roti sebagai menu untuk sarapan paginya. Biasanya roti diolesi margarin atau mentega untuk menambahkan rasa. Kabar buruknya, meski margarin bisa membuat rasa roti jadi lebih enak tapi kandungan lemak yang ada pada margarin bisa menjadi penyebab peradangan dan memicu stres oksidatif dan stres oksidatif yang tidak terkontrol dapat merusak organ tubuh termasuk kulit. Akibatnya, kulit tampak kusam dan kering hingga munculnya kerutan di area wajah.

3. Gula

Gawat, 5 Makanan ini Bisa Bikin Wajahmu Cepat Keriput Lho!unsplash.com/Kat Bruni

Mengonsumsi terlalu banyak makanan manis bisa merusak hubungan antar serat kolagen dan semakin banyak serat yang rusak semakin banyak pula kerutan yang akan muncul di kulit. Hal itu diperparah dengan sinar UV dari paparan sinar matahari yang bukan hanya membuat kulit kusam, tapi juga memicu munculnya bintik hitam di wajah.

Masalah lainnya adalah mengkonsumsi makanan manis seperti es krim, permen, atau camilan manis juga membuat berat badan kamu naik. Kalau kamu memang penggemar makanan manis, akan lebih baik kalau kamu mengganti camilan dengan buah-buahan. Selain manis, buah-buahan juga kaya akan vitamin yang akan menjaga agar kulit kamu tetap sehat.

4 Roti, sereal, dan makanan yang mengandung karbohidrat

Gawat, 5 Makanan ini Bisa Bikin Wajahmu Cepat Keriput Lho!unsplash.com/Rawpixel

Karbohidrat memang menjadi zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tapi tidak semua makanan yang mengandung karbohidrat baik untuk tubuh. Makanan seperti sereal, atau roti tawar mengandung karbohidrat dan kadar gula yang tinggi. Dan seperti yang sudah kita ketahui, gula dapat menjadi salah satu “pelaku” utama munculnya keriput.

5. Daging olahan

Gawat, 5 Makanan ini Bisa Bikin Wajahmu Cepat Keriput Lho!unsplash.com/Bruno Kelzer

Selain daging yang dibakar, makanan olahan seperti sosis, bacon atau yang berbahan daging lainnya mengandung pengawet. Meski aman untuk perut, bahan pengawet ternyata tidak aman untuk kulit bahkan bisa menyebabkan peradangan kulit dan penuaan dini jika dikonsumsi terlalu banyak.

Lagipula daripada menyantap makanan olahan yang sudah pasti tidak sehat akan lebih baik kalau kamu memasak dan mengolah daging segar sendiri. Selain bebas bahan pengawet toh rasanya juga jelas lebih enak kan?

Meski enak, kamu sebaiknya menghindari beberapa makanan di atas dan menggantinya dengan makanan sehat. Terakhir pastikan kamu memiliki pola hidup yang sehat dan merawat kulit kamu agar tidak cepat keriput.