Gaya Hidup – 6 Makhluk mistis ini suka menjelma jadi manusia dan menggoda pria

Gaya Hidup – Mitos tentang putri duyung yang merayu para pelaut dengan suara indah dan kecantikan mereka telah diceritakan secara turun-temurun. Dan sebenarnya masih banyak lagi legenda tentang makhluk mistis bersosok wanita cantik yang suka menjadikan para pria sebagai korbannya. Cerita seperti ini bisa ditemui di berbagai belahan bumi.

Oleh sejumlah ahli sejarah dan budaya, mitos mengenai wanita-wanita pembawa bencana ini dianggap sebagai salah satu bentuk ketakutan para pria terhadap dominasi wanita. Lebih tepatnya ketakutan atas potensi wanita dalam mendobrak kedigdayan budaya patriarkal yang sudah mengakar. Mungkin inilah bentuk protes anti feminisme yang sudah berlangsung selama ratusan tahun.

Terlepas dari makna simbolik yang mungkin terkandung di dalamnya, cerita tentang wanita mistis seperti putri duyung memang menarik untuk didengar. Tentu hal itulah yang menjadikan kisah putri duyung Hans Christian Andersen maupun Disney begitu dicintai.

Sekarang mari kita berkenalan dengan legenda-legenda wanita mistis ‘pemangsa’ pria dari seluruh dunia.

1. Siren – Yunani

Gaya Hidup – Siren kerap digambarkan sebagai wanita cantik bersayap atau manusia setengah ikan. Namun keduanya sama-sama hobi menampakkan diri kepada para pelaut.

Putri duyung biasanya tak sengaja menenggelamkan manusia karena ketidaktahuan mereka kalau mamalia darat tak bisa bernapas di dalam air. Sementara siren memang sengaja memancing para pria untuk bergabung dengan mereka di bawah air. Mereka juga suka menenggelamkan kapal-kapal besar.

Menurut salah satu kisah dalam epos Iliad, Odysseus memerintahkan seluruh anak buah kapalnya untuk memasang lilin di telinga agar mereka tidak bisa mendengarkan lagu para siren yang merayu. Sementara Odysseus sendiri memilih untuk mengikat diri ke kapal agar tak bisa terjun ke laut untuk mengikuti siren. Tetapi suara mereka yang memabukkan saja sudah cukup menyiksa sepanjang pelayaran.

2. Jorogumo – Jepang

Gaya Hidup – Ada banyak makhluk mistis bersosok perempuan yang dikenal mitologi dan cerita rakyat Jepang. Salah satu yang paling menyeramkan adalah Jorogumo.

Jorogumo adalah sosok siluman laba-laba yang biasanya sudah berusia ratusan tahun. Digambarkan sebagai laba-laba raksasa yang memiliki kemampuan untuk menyaru menjadi wanita cantik. Tak jarang berkeliaran dengan wujud setengah manusia yang berjalan dengan delapan kaki berbulu.

Dalam wujud manusianya, jorogumo kerap memperdaya kaum pria untuk dibawa ke sarangnya. Setelah itu pria yang bakal menjadi korbannya dibungkus dengan jaring sutera dan diracun agar tak berontak saat disantap.

Kadang jorogumo juga menampakkan diri sebagai seorang wanita jelita dengan bayi terbungkus kain di lengannya. Jika sudah begini dia akan mendekati lelaki yang mudah iba dan meminta bantuan untuk menggendong bayinya sebentar. Namun bayi di dalam bungkusan tersebut rupanya adalah ratusan telur laba-laba pemakan daging yang segera menetas dan mengerubungi si pria.

3. Manananggal – Filipina

Gaya Hidup – Legenda rakyat Filipina mengenal aswang, sosok siluman pemakan darah yang kerap berubah wujud menjadi manusia. Aswang memiliki banyak jenis, salah satunya adalah manananggal.

Manananggal termasuk aswang bersosok perempuan yang bisa terbang setelah memisahkan tubuh bagian atasnya dengan bagian pinggang ke bawah. Namanya berasal dari kata tanggal, istilah dari bahasa Tagalog yang berarti terlepas.

Mereka gemar menghisap darah bayi dan janin dengan menjulurkan lidah panjangnya dari lubang di langit-langit rumah. Manananggal juga suka menampakkan diri sebagai wanita cantik untuk memikat pria. Setelah itu, pria yang berhasil dipancing ke tempat sepi akan dimakan organ dalamnya oleh manananggal.

Saat berburu mangsa di malam hari, biasanya manananggal meninggalkan tubuh bagian bawahnya di tempat terpencil. Kita harus menaburkan garam, abu, atau bawang putih pada pinggangnya yang berlumuran darah agar tak bisa menyatu dengan tubuh bagian atasnya. Jika kedua anggota tubuh manananggal tidak menyatu sampai matahari terbit, dia akan mati.

4. Selkie – Irlandia, Skotlandia, dan Celtic

Gaya Hidup – Selkie adalah makhluk gaib dalam mitologi Kepulauan Faroe, Islandia, Irlandia, dan Skotlandia. Pendeke kata, mereka adalah siluman anjing laut yang bisa berubah wujud menjadi manusia.

Saat menjadi manusia, selkie bagaikan keluar dari dalam kulit anjing lautnya. Untuk kembali ke wujud asalnya, mereka harus masuk kembali ke dalam kulit tersebut.

Legenda mengenai selfie biasanya memiliki kisah yang cukup romantis, seperti halnya Joko Tarub dan Dewi Nawangwulan. Karena wujud manusia selkie selalu jelita atau luar biasa tampan, manusia yang bertemu mereka akan dikuasai nafsu untuk memiliki. Apalagi selkie memang memiliki pesona magis untuk membuat siapa saja jatuh cinta. Kadang-kadang manusia yang mengetahui jati diri selkie sengaja menyembunyikan kulit mereka agar tak bisa kembali ke laut.

Tetapi selkie juga bisa berbahaya bagi manusia. Dalam beberapa kesempatan mereka memikat pria atau wanita dengan sosok mereka yang rupawan agar terjun ke dalam lautan.

5. Huldra – Skandinavia

Gaya Hidup – Kadang disebut huldra, ulda, atau skogsra, makhluk mistis ini mendiami hutan dan biasa berburu pria untuk diajak berhubungan badan.

Huldra biasanye menampakkan diri dengan wujud wanita luar biasa cantik. Tubuhnya telanjang bulat, rambutnya terurai lepas, dan memiliki ekor panjang seperti singa.

Berbeda dengan makhluk mistis lain yang disebutkan di atas, huldra tidak memangsa manusia. Biasanya mereka akan memberikan keberuntungan bagi lelaki yang sempat menjadi teman tidur mereka. Para pemancing akan selalu mendapatkan ikan di sungai. Para pemburu akan dijaga tidurnya saat malam agar tak dimangsa hewan buas.

6. Deer woman – Indian

Gaya Hidup – Legenda deer woman atau wanita rusa berkembang di antara suku pribumi Amerika. Sosok manusia mereka bisa dikenali dari tanduk dan kuping mencuat seperti rusa. Biasanya manusia yang bertemu dengan makhluk ini terpesona dengan kecantikan mereka hingga tak menyadari kalau kaki mereka memiliki bentuk yang aneh, seperti rusa.

Deer woman sering digambarkan sebagai roh yang bersahabat. Sering mengingatkan para wanita dan pria yang sudah menikah agar menjauhi maksiat. Kemunculan mereka dianggap sebagai peringatan bagi manusia yang hendak berbuat melenceng.

Tetapi beberapa cerita juga menggambarkan deer woman sebagai makhluk yang suka memancing pria yang binal untuk bersetubuh dengan mereka kemudian dihabisi. Korban favorit mereka adalah perjaka berhati kotor dan para suami yang tak setia. Menurut legenda, deer woman bisa diusir dengan nyanyian kuno dan aroma tembakau.

Itulah makhluk-makhluk mistis yang kerap menjelma jadi manusia dan menggoda pria.