Gondol brankas, pekerja kontrak taman Pertamina larikan uang ratusan juta

Brankas berisi uang Rp 128,8 juta di gedung PWP RU IV Cilacap jalan IR Juanda Kabupaten Cilacap raib.

Baru diketahui kemudian penggondol brankas tak lain pekerja kontrak bagian nursery/perawatan taman Pertamina RU IV Cilacap.

Identitas pelaku berinisial, MJO (46) warga jalan Lengkong Kelurahan Mertasinga Cilacap. Ia telah bekerja selama 22 tahun.

Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto mengatakan kejadian bermula pada Senin (23/4) saat petugas koperasi PWP hendak membuka kantor.

Ia terkejut mendapati laci meja dan almari ruangan dalam keadaan rusak. Setelah memeriksa, didapati uang tunai Rp 9 juta di dalam laci dan brankas berisi uang tunai Rp 128,8 juta sudah raib.

Dari hasil olah TKP dan pemeriksaan saksi-saksi petugas akhirnya berhasil menangkap pelaku yakni MJO (46). Hasil pemeriksaan, pelaku berhasil masuk ke dalam ruangan sebab posisi kunci masih menggantung di pintu.

“Pelaku awalnya mengambil uang Rp 9 juta dengan cara mencongkel laci meja,” kata Djoko saat ungkap kasus di Mapolres Cilacap, Rabu (25/4).

Pelaku yang sudah mengetahui situasi dan kondisi di lokasi, kemudian mengambil brankas berisikan uang Rp 128,8 juta. Ia mencongkel pintu almari dan keluar melalui pintu semula.

“Brankas kemudian dibawa keluar dari lokasi dengan menggunakan mobil kantor sehingga tidak menimbulkan kecurigaan satpam,” imbuh Djoko.

Usai terbongkar identitas pelaku, polisi berhasil menyita satu buah brankas dalam keadaan rusak. Selain itu, satu unit sepeda motor Yamaha X ride warna hitam serta uang tunai Rp 106.578.700.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukuman paling lama 7 tahun penjara.