Hati-hati, 5 Makanan Enak Ini Dapat Menurunkan Daya Ingatmu

Otak merupakan organ penting pada tubuh yang mengendalikan pikiran, ingatan, ucapan, detak jantung, dan fungsi banyak organ yang ada dalam tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan otak, dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan kesehatan otak.

Namun ternyata, terdapat beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan kesehatan otak dan menyebabkan kemampuan daya ingat menjadi menurun. Wah, tentunya kamu gak mau dong mengalami penurunan daya ingat saat masih muda?

Oleh karena itu, sebaiknya hindari atau batasi mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan daya ingat, seperti 5 makanan yang ada di bawah ini.

1. Makanan tinggi lemak

Hati-hati, 5 Makanan Enak Ini Dapat Menurunkan Daya Ingatmupexels.com/robin stickel

Rene Ficek, RD, pakar nutrisi utama di Seattle Sutton’s Healthy Eating mengatakan bahwa, makanan dapat mempengaruhi daya ingat, kemampuan untuk fokus, berfikir jenih, dan juga rileks. Makanan yang berlemak tinggi, seperti makanan cepat saji, keju, dan daging tinggi lemak, dapat membuat seseorang menjadi lebih mudah mengantuk, kemampuan berfikir menjadi lamban, yang merupakan pembunuh motivasi terbesar, ujar Rene Ficek.

Selain itu, makanan cepat saji juga dapat merusak memori, menyebabkan serangkaian efek mental seperti depresi dan hiperaktif, serta yang terparah bisa menyebabkan kerusakan otak. Makanan cepat saji mengandung campuran beracun lemak yang tidak sehat, pewarna buatan, pengawet, yang mampu menyebabkan ketidakseimbangan dalam otak.

2. Makanan tinggi gula

Hati-hati, 5 Makanan Enak Ini Dapat Menurunkan Daya Ingatmupexels.com/pixabay

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula dapat meningkatkan kinerja kognitif dan juga fisik. Namun, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi gula dapat memberikan pengaruh negatif pada kesehatan, salah satunya yaitu dapat menurunkan daya ingat. Mengonsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan reaksi insulin yang dapat meningkatkan deposit beta-amiloid, yang merupakan protein penyebab utama penyakit Alzheimer.

Selain itu, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Behavioral Neuroscience, menunjukkan bahwa makanan yang mengandung gula tinggi dapat memberikan dampak yang buruk pada memori.

3. Makanan yang digoreng

Hati-hati, 5 Makanan Enak Ini Dapat Menurunkan Daya Ingatmueatouteatwell.com

Tak hanya makanan dengan gula tinggi yang dapat menyebabkan daya ingat menurun, namun makanan yang digoreng juga dapat menyebabkannya. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng, dapat menyebabkan penumpukan lemak jenuh dan juga kolesterol.

Lemak jenuh yang ada pada gorengan, dapat merusak penghalang darah ke otak, yang dapat mengganggu penyerapan nutrisi penting untuk fungsi otak. Selain itu, makanan yang digoreng juga dapat menyebabkannya meningkatnya kadar kolesterol darah. Kolesterol merupakan makanan komponen utama dalam perkembangan penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

4. Karbohidrat olahan

Hati-hati, 5 Makanan Enak Ini Dapat Menurunkan Daya Ingatmuechoak.com

Menurut informasi yang ditemukan, karbohidrat dapat memberikan efek yang negatif pada otak, terutama karbohidrat olahan, seperti nasi, roti putih, kentang, dan gandum yang diproses menjadi tepung.

Karbohidrat memicu peradangan pada hippocampus, merupakan bagian otak yang mengendalikan memori. Seseorang yang terlalu sering mengonsumsi karbohidrat, cenderung mengalami penurunan daya ingat. Selain itu, peradangan pada hippocampus juga bisa memicu Demensia.

5. Ikan tinggi merkuri

Hati-hati, 5 Makanan Enak Ini Dapat Menurunkan Daya IngatmuUnsplash/chuttersnap

Merkuri merupakan kontaminan logam berat dan racun neurologis yang bisa disimpan dalam waktu yang lama pada jaringan hewan, contohnya pada ikan. Namun tidak semua ikan mengandung merkuri lho, hanya ikan tertentu saja seperti ikan hiu, ikan todak, ikan tuna, king mackerel, dan tile fish.

Merkuri dapat memberikan efek toksisitas, salah satunya yaitu gangguan sistem saraf pusat, neurotransmitter, dan stimulasi neurotoksin, yang nantinya menyebabkan kerusakan pada otak. Kerusakan pada otak atau cedera otak dapat menyebabkan gangguan kognitif, seperti daya ingat yang menurun.

Nah, itulah ulasan dari 5 makanan enak yang dapat menurunkan daya ingatmu. Sebaiknya batasi mengonsumsi makanan-makanan tersebut, dan menggantinya dengan makanan yang lebih sehat, seperti memperbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan makanan rendah kalori. Semoga bermanfaat!