Hidayat Mangkir Panggilan Satgas Anti-Mafia Bola, Begini Dalih PSSI

Eks anggota Komite Eksekutif PSSI, Hidayat, lagi-lagi tak memenuhi panggilan Satuan Tugas (Satgas) Anti-Mafia Bola pada Kamis (3/1) kemarin. Gusti Randa menjelaskan bahwa hal tersebut disebabkan oleh masalah mekanisme saja.

Ini menjadi kedua kalinya Hidayat tidak datang untuk pemeriksaan Satgas Anti-Mafia Bola. Hidayat juga tak datang ketika ingin diperiksa pada 21 Desember 2018.

Komite Hukum PSSI, Gusti Randa, mengungkap hal itu terjadi karena kesalahan surat mekanisme pemanggilan. Surat pemanggilan datang ke KONI, yang kemudian diteruskan ke PSSI sehingga terjadi kesalahpahaman.

“Saya sudah menghubungi Pak Hidayat dan dia mengatakan tidak mendapatkan konfirmasi pemanggilan. Ternyata memang soal surat pemanggilan itu pertama ke KONI, kemudian KONI baru ke PSSI. Akhirnya ada bagian PSSI yang ditindaklanjuti dan yang Pak Hidayat dibalikkan lagi ke KONI,” kata Gusti Randa di sela rapat Exco PSSI diĀ Jakarta, Kamis (3/1/2019).

“Jadi masalah mekanisme surat pemanggilan saja. Pada dasarnya, Pak Hidayat ingin datang agar masalah ini segera selesai,” tegas Gusti Randa.

Satgas Anti-Mafia Bola rencananya akan memeriksa Hidayat terkait kasus pengaturan skor yang dilakukannya. Seperti diketahui, nama Hidayat muncul berkat laporan manajer Madura FC, Januar Herwanto, yang mengklaim sempat ditawari sejumlah uang agar timnya mengalah ketika melawan PSS Sleman pada babak delapan besar Liga 2 2018.